Stok Vaksin Covid-19 Kota Yogyakarta Minim

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 booster di Klinik Mediska Yogyakarta.
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 booster di Klinik Mediska Yogyakarta. | Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketersediaan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta sudah mulai minim. Meskipun begitu, dikatakan bahwa ketersediaan tersebut masih mencukupi permintaan masyarakat akan vaksinasi Covid-19.

"(Ketersediaan) masih cukup," kata Kepala Dinkes Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani. Hal ini disampaikan mengingat ketersediaan vaksin Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia kosong sehingga menjadikan layanan vaksinasi Covid-19 pun terganggu.

Saat ini, Dinkes Kota Yogyakarta hanya memiliki stok vaksin Covid-19 kurang dari 200 dosis. Ketersediaan vaksin yang saat ini tersedia di Gudang Farmasi Dinkes Kota Yogyakarta yakni jenis Pfizer.

"Kita ada sekitar 180-an dosis," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kota Yogyakarta, Lana Unwanah.

Minimnya ketersediaan vaksin ini dikarenakan tidak adanya distribusi dari pemerintah pusat ke daerah. Dengan begitu, distribusi dari Pemda DIY ke masing-masing kabupaten/kota juga terganggu.

"Yang kosong stok pusat, jadi pesanan yang dipesan Pemerintah Indonesia itu sepertinya belum datang. Saya tidak tahu karena pengaruh apa, jadi itu berpengaruh ke distribusi ke provinsi dan (berpengaruh juga distribusi dari) provinsi ke kabupaten/kota," ujar Lana.

Meski begitu, ia menyebut, capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta sudah lebih dari 100 persen. Baik itu dosis pertama, dosis kedua maupun booster, yang mana capaian booster sudah 116 persen di Kota Yogyakarta.

"Karena sebetulnya secara di wilayah Kota Yogya karena capaian 116 persen, jadi sasaran (yang akan divaksinasi) sudah tidak banyak," jelas Lana.

Lana menuturkan, saat ini yang banyak mencari layanan vaksinasi yakni pelaku perjalanan. Hal ini dikarenakan pelaku perjalanan diwajibkan sudah mendapatkan vaksinasi booster.

"Kalaupun ada yang mencari (layanan vaksinasi) karena memang mau bepergian, misalnya memang mau pakai kereta, mau pakai pesawat untuk orang-orang yang pelaku perjalanan," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Kemenkes akan Relokasi Vaksin Covid-19 ke Daerah Stok Menipis

Stok Vaksin Covid-19 di Banyumas Kosong

Satgas Covid-19: Distribusi Jadi Penyebab Menipisnya Stok Vaksin di Daerah

Stok Vaksin Covid-19 di Garut Mulai Menipis

IDI Akui Adanya Laporan Kelangkaan Stok Vaksin Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark