Gelaran WJNC 2022 Targetkan 20 Ribu Pengunjung

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Suasana di Tugu Pal Putih, Yogyakarta.
Suasana di Tugu Pal Putih, Yogyakarta. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta berharap dengan adanya kegiatan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) di 2022 dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Setidaknya, ditargetkan pengunjung acara tersebut mencapai 20 ribu orang.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati mengatakan, 20 ribu pengunjung tersebut ditargetkan mengingat di 2019 lalu jumlah pengunjung hampir 15 ribu orang. Di 2022 ini, pelaksanaan WJNC digelar secara langsung atau offline.

"Kenapa kita bandingkan dengan 2019, karena pelaksanaannya tidak hybrid seperti pada 2020 dan 2021. Melalui event ini, salah satu keinginan kita adalah meningkatkan atraksi di Kota Yogyakarta yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta," kata Andrini di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Senin (3/10/2022).

Pihaknya optimistis target 20 ribu pengunjung di acara WJNC tersebut dapat tercapai. Hal ini mengingat sudah banyaknya wisatawan yang melakukan reservasi di hotel-hotel maupun penginapan yang ada di Kota Yogyakarta.

"Perhitungannya termasuk yang menginap di hotel dan juga tahun ini kenapa kita menargetkan 20 ribu karena sudah banyak teman-teman dari luar daerah yang menanyakan ke kami. Makanya kami juga mengundang beberapa teman dari luar daerah untuk hadir di WJNC," ujar dia.

WJNC di 2022 akan digelar di kawasan Tugu Yogyakarta pada 7 Oktober 2022. Direncanakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, juga diagendakan hadir dalam acara yang digelar pukul 18.30 WIB tersebut.

WJNC sendiri sudah masuk dalam calender of event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dinamakan Kharisma Event Nusantara (KEN). WJNC masuk sebagai event reguler terfavorit sejak 2021 lalu.

"Dampaknya (WJNC) masuk KEN, kita sangat terbantukan karena kita juga termasuk bisa dipromosikan oleh Kemenparekraf sampai ke luar negeri," jelas dia.

Tim Kreatif WJNC 2022, Bima Setyo Nugraha mengatakan, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diterapkan dengan ketat dan disiplin selama WJNC berlangsung. Bahkan, penampil dalam acara tersebut juga merupakan mereka yang sudah menerima vaksin lengkap yakni hingga vaksin booster.

"Kami mengimbau ke teman-teman kecamatan, yang sudah booster yang berhak tampil. Kami juga mengimbau agar menjaga kesehatan dari masing-masing penampil dan saat pelaksanaan di hari H, kami di-support dari dinas kesehatan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan enam unit ambulance di lokasi pada saat hari H pelaksanaan WJNC. WJNC menyuguhkan berbagai penampilan seperti seni koreografi, busana, musik kontemporer, hingga permainan lighting.

Para penampil dalam event ini sendiri berasal dari kelompok penampil di 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. Setidaknya, total penampil dalam acara tersebut mencapai 500 penampil.

Masing-masing kecamatan akan mengirimkan penampil sebanyak 30 orang. "Ada dari dua kemantren yang para penampil sampai 60 orang dan 70 orang karena sangat antusias mengikuti WJNC," kata Bima

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Wayang Jogja Night Jadi Puncak HUT ke-266 Kota Yogyakarta

HUT Yogyakarta Jadi Momentum Pemulihan Pandemi

Wayang Jogja Night Carnival Puncak HUT Kota Yogya Ke-265

Lelang Revitalisasi Trotoar Sudirman Yogyakarta pada Juni

Penataan Simpang Tugu Yogyakarta Tetap Mengacu Filosofinya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark