Event Pariwisata Yogyakarta Bantu Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati (kanan), saat menjelaskan Wayang Jogja Night Carnival.
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati (kanan), saat menjelaskan Wayang Jogja Night Carnival. | Foto: Silvy Dian Setiawan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya melalui penyelenggaraan berbagai event pariwisata.

"Meningkatkan kunjungan wisatawan ataupun meningkatkan lama tinggal wisatawan itu salah satu indikator dinas pariwisata dalam menyelenggarakan berbagai event (pariwisata)," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati, di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Andrini mengatakan, pada 2022 ini pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan sebesar dua juta wisatawan. Namun, hingga triwulan II 2022 angka tersebut sudah terlampaui.

"Sampai di triwulan II, sampai Juni malah sudah melebihi target kita sebesar tiga juta (wisatawan)," ujar Andrini.

Terkait dengan lama tinggal wisatawan, di 2022 ini juga sudah melebihi target. Pihaknya menargetkan lama tinggal wisatawan 1,7 hari di 2022 ini.

Namun, dalam dua bulan terakhir angka tersebut sudah tercapai. Sebab, lama tinggal wisatawan rata-rata di Kota Yogyakarta mencapai 1,8 hari.

Bahkan, menjelang digelarnya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2022 ini sudah banyak wisatawan yang melakukan reservasi hotel. Terutama hotel yang ada di kawasan Tugu Yogyakarta, mengingat pelaksanaan WJNC digelar di kawasan tersebut pada 7 Oktober 2022.

Hal ini sama dengan penyelenggaraan WJNC saat sebelum pandemi yakni di 2019. Pasalnya, pada 2019 pelaksanaan WJNC digelar secara langsung (offline) dan tahun ini juga digelar secara offline setelah dua tahun sebelumnya digelar hybrid pada 2020 dan 2021.

"WJNC khususnya di 2019, lama tinggal wisatawan sudah lebih dari target karena fokus kita di Tugu, sehingga banyak hotel di area Tugu itu satu bulan atau dua bulan sudah terpenuhi (lama tinggal wisatawan). Mengapa kita bandingkan dengan 2019, karena 2020 dan 2021 kita pandemi jadi hybrid, 2019 sampai ada tamu yang sampai menginap di homestay," tambahnya.

Pelaksanaan WJNC di 2022 ini ditargetkan akan ditonton oleh 20 ribu pengunjung. Pasalnya, di 2019 lalu WJNC ditonton sampai 15 ribu pengunjung.

"Perhitungannya termasuk yang menginap di hotel dan juga tahun ini kenapa kita menargetkan 20 ribu karena sudah banyak teman-teman dari luar daerah yang menanyakan ke kami. Makanya kami juga mengundang beberapa teman dari luar daerah untuk hadir di WJNC," kata Andrini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pemkot Yogya Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Target Zero Stunting 2024, Yogyakarta Perkuat Ekonomi Keluarga

Penerimaan 43,9 Persen, Wajib Pajak Diimbau Segera Bayar PBB

2.600 Hewan Peliharaan Jadi Target Vaksinasi Rabies Kota Yogyakarta

Taman Pintar Ditunjuk Sebagai Zona Praktik Baik Berbahasa Indonesia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark