Pemkot Solo Imbau Suporter Persis Belajar dari Tragedi Kanjuruhan

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Muhammad Noor Alfian

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tragedi Kanjuruhan mencatatkan luka mendalam di dunia persepakbolaan Indonesia. Atas kejadian yang memakan korban ratusan jiwa usai pertandingan Arema FC kontra Persebaya tersebut, Pemkot (Pemerintah Kota) Solo mengimbau seluruh suporter Persis Solo tertib ke depannya.

Pemkot mengimbau seluruh elemen suporter Persis Solo untuk tetap tertib baik sebelum laga, saat laga, ataupun usai laga. Imbauan tersebut juga berlaku baik laga kandang maupun tandang.

"Kita mengimbau teman-teman Pasoepati Surakartans, Ultras, dan lain-lain untuk tetap tertib di pertandingan-pertandingan Persis berikutnya. Entah itu away atau home," tegas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menjelaskan seluruh elemen Persis Solo sudah menggelar aksi solidaritas untuk tragedi Kanjuruhan di depan Stadion Manahan, Ahad (2/10/2022). Pihaknya sekaligus menyampaikan belasungkawa, khususnya bagi keluarga korban.

"Yang jelas kemarin teman-teman pendukung Persis sudah ngumpul di Manahan. Kami juga menyampaikan belasungkawa semoga keluarga ditinggalkan diberikan kekuatan. Tapi yang menjadi tugas saya adalah mengimbau teman-teman yang di Solo ini tetap tenang, tetap tertib di beberapa pertandingan berikutnya. Kita belajar dari peristiwa ini," terangnya.

Menyusul tragedi Kanjuruhan tersebut, ada kemungkinan Federasi Sepak bola dunia (FIFA) mencabut izin Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Imbasnya Solo yang telah terpilih sebagai salah satu venue pertandingan kemungkinan akan mengalami kerugian.

"Iya pasti (merugikan). Sebab persiapannya sudah jauh-jauh hari, sudah matang, tapi kita tunggu keputusannya (FIFA) aja bagaimana ya," tegasnya.

Sebelumnya, aksi solidaritas suporter Persis Solo digelar di depan Stadion manahan. Aksi tersebut untuk mendoakan para korban dan keluarga akibat tragedi pada Sabtu (1/10/2022) lalu. Sembari mendoakan mereka membawa lilin sebagai lambang duka mereka.

“Kami seluruh elemen suporter di Kota Solo turut berbela sungkawa atas kejadian semalam di Malang. Ini adalah aksi solidaritas wujud kepedulian sesama sebagai sesama suporter,” kata Topan, perwakilan massa aksi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark