Sidoarjo Bangun Rumah Pompa Hadapi Banjir

Red: Muhammad Fakhruddin

Sidoarjo Bangun Rumah Pompa Hadapi Banjir (ilustrasi).
Sidoarjo Bangun Rumah Pompa Hadapi Banjir (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga/rwa.

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur membangun rumah pompa di Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin sebagai upaya untuk menghadapi banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan pembangunan rumah pompa itu masih berlangsung dan dalam tahap pengecoran. "Pekerja mulai mengecor struktur pintu air," ujarnya, Selasa (4/10/2022).

Ia mengatakan, pengerjaan proyek itu juga sudah sesuai target waktu yang ditentukan serta diselesaikan diselesaikan pada 22 Desember. "Pompa sudah dipesan, ini target tetap pada 22 Desember," ucapnya.

Ia mengatakan, pembangunan rumah pompa itu memang menjadi langkah pemkab untuk mengantisipasi ancaman banjir khususnya di wilayah Tanggulangin. Ia menyebut, setidaknya ada tiga rumah pompa yang tengah dibangun di kawasan tersebut masing-masing di ujung Desa Kedungbanteng, Desa Banjarasri, dan Desa Banjarpanji.

Baca Juga

Ia mengatakan, pembangunan rumah pompa di Desa Kedungbanteng, Pemkab Sidoarjo mengalokasikan anggaran Rp5 miliar, di Desa Banjarasri Rp894 juta, dan di Desa Banjarpanji Rp6 miliar.

Selain rumah pompa, lanjut dia, Pemkab juga tengah menyiagakan 28 pompa portable yang siap digunakan sewaktu-waktu. "Jika kurang bisa ditambah lagi," ujarnya.

Ia berharap, dengan sejumlah langkah yang dilakukan Pemkab Sidoarjo itu dapat mengurangi ancaman banjir di Desa Kedungbanteng dan sekitarnya. "Sehingga, warga bisa tetap tenang di rumah meski masuk musim hujan," ujarnya.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Sidoarjo Bangun Rumah Pompa Hadapi Banjir

Mitigasi Musim Hujan, PLN Suplai Listrik ke Rumah Pompa

PLN Siap Listriki Rumah Pompa Air Jakarta

Kabel Aliran Listrik Rumah Pompa Dukuh Atas Sempat Rusak

Sabotase di Rumah Pompa Dukuh Atas Dilakukan Malam Hari

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark