Selasa 04 Oct 2022 23:35 WIB

Kemensos Programkan Pemberdayaan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan

Sebanyak 36 psikolog dari Kemensos diterjunkan untuk layanan pendampingan psikososial

Kemensos Programkan Pemberdayaan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Kemensos Programkan Pemberdayaan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Sosial memprogramkan pemberdayaan sosial bagi keluarga korban tewas akibat tragedi yang menewaskan ratusan orang di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10) malam.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan saat memberikan santunan kepada keluarga korban, pihaknya merespons sejumlah permintaan untuk diberikan modal usaha.

Baca Juga

"Kemarin bapak-bapaknya langsung minta, Bu saya minta tolong alat potong ayam, langsung menyampaikan ke saya," ujar Mensos Risma, Selasa (4/10/2022).

Sementara untuk keluarga yang ditinggalkan oleh tulang punggung keluarga, pihaknya melakukan asesmen pada keluarga tersebut.

 

"Ada yang kehilangan bapak, ibunya tinggal sendiri, kita lakukan asesmen," ujar Mensos Risma.

Selain itu, Risma mengatakan sebanyak 36 psikolog dari Kemensos diterjunkan untuk layanan pendampingan psikososial pada keluarga korban.

"Catatan terkini Kemensos, korban tewas dari tragedi Kanjuruhan sebanyak 125 orang, luka berat 39 orang, dan luka ringan 260 orang," kata Mensos Risma.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam satu hari telah tuntas menyalurkan santunan bagi 125 ahli waris tragedi Kanjuruhan di Kota dan Kabupaten Malang.

Penyaluran santunan dipusatkan di tujuh kecamatan dengan menghadirkan ahli waris atau saudara yang mewakili. Di Kota Malang, Mensos menemui ahli waris di Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Klojen.

Di Kabupaten Malang, Mensos menemui ahli waris di Kecamatan Singosari, Gondang Legi, Sumberpucung, Kepanjen, dan Tajinan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement