City Walk Kota Tegal Jadi Pusat Wisata Layanan Publik

Red: Yusuf Assidiq

Petugas Imigrasi melayani warga saat peliuncuran Wisata Layanan Publik di City Walk Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa (4/10/2022). Wisata Pelayanan Publik dengan 113 pelayanan dari berbagai instansi pemerintah dan perbankan tersebut untuk mempermudah pelayanan kebutuhan masyarakat dalam mengurus administrasi dan perizinan dengan cepat dalam satu lokasi.
Petugas Imigrasi melayani warga saat peliuncuran Wisata Layanan Publik di City Walk Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa (4/10/2022). Wisata Pelayanan Publik dengan 113 pelayanan dari berbagai instansi pemerintah dan perbankan tersebut untuk mempermudah pelayanan kebutuhan masyarakat dalam mengurus administrasi dan perizinan dengan cepat dalam satu lokasi. | Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- City Walk Tegal di Jalan Ahmad Yani kini kini menjadi pusat wisata pelayanan publik untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Terkait hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggandeng stakeholder baik itu instansi vertikal dan lembaga perbankan.

Tempat Wisata Pelayanan Publik tersebut dibuka langsung Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, di City Walk Kota Tegal Jalan Ahmad Yani. "Alhamdulillah kita dapat menyelenggarakan Wisata Pelayanan Publik yang kali ini diikuti oleh seluruhnya 39 instansi, mulai dari perbankan, BUMN, hingga instansi-instansi dari Pemkot Tegal," kata Wali Kota Tegal.

Salah satu tujuan diadakannya Wisata Pelayanan Publik ini untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat serta memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari instansi-instansi pelayan publik. Sepanjang City Walk, diisi oleh 39 mobil pelayanan dari berbagai pelayanan yang ada di Kota Tegal.

Jika di hari-hari lain, saat masyarakat ingin membayar pajak kendaraan bermotor dan mengurus kartu keluarga harus datang ke dua kantor yang berbeda, dengan Wisata Pelayanan Publik ini masyarakat cukup datang ke jalan Ahmad Yani ini karena di sini sudah ada stan dari Samsat dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, yang siap melayani masyarakat Kota Tegal.

Dedy mengumpamakan Wisata Pelayanan Publik di City Walk Kota Tegal, seperti toko serba ada untuk pelayanan publik. Ia mencontohkan pengurusan pembayaran informasi PDAM, pemasangan internet dengan Telkom, termasuk jika ingin mencari informasi pembuatan paspor, atau informasi terkait keimigrasian, ada pihak imigrasi yang siap melayani.

Pada kesempatan tersebut, Dedy Yon mengapresiasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Wisata Pelayanan Publik tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan inovasi yang sangat baik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. "Saya harap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahun dan di tahun-tahun yang akan datang bisa lebih banyak lagi instansi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal Sartono Eko Saputro dalam kesempatan tersebut menyampaikan dari 39 lembaga, instansi yang mengikuti Wisata Pelayanan Publik tersebut jumlah layanan publik yang disajikan adalah 113 layanan.

Sedangkan untuk waktu operasional Wisata Pelayanan Publik akan dilaksanakan setiap hari kerja, Senin-Jumat mulai pukul 12.00 - 16.00 WIB.

Saat ini telah tergabung 39 instansi yang berpartisipasi yaitu : 1. Kepolisian Resor Tegal Kota; 2. Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Pemalang; 3. Kantor Pertanahan Kota Tegal; 4. KPP Pratama Tegal; 5. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kota Tegal; 6. BNN Kota Tegal; 7. Kantor Otoritas Jasa Keuangan Tegal; 8. Bank Indonesia Tegal; 9. Bank Jateng Cabang Koordinator Tegal; 10. Bank BRI Cabang Tegal Cabang Tegal; 11. Bank Mandiri.

12. Bank BNI Cabang Tegal; 13. Bank BTN Cabang Tegal; 14. Bank Jabar Banten Cabang Tegal; 15. Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal; 16. Bank Syariah Indonesia Cabang Tegal; 17. Bank Mandiri Taspen Cabang Tegal; 18. PDAM Kota Tegal; 19. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal; 20. BPJS Kesehatan Cabang Tegal; 21. PT. PLN (persero) Area Tegal; 22. PT. Taspen (persero) Cabang Pekalongan.

23. PT. Pos Indonesia (persero) Cabang Tegal: 24. PT. Pegadaian (persero) Cabang Tegal; 25. PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Cabang Tegal; 26. Samsat Kota Tegal; 27. PMI Kota Tegal; 28. Baznas Tegal; 29. Badan Keuangan Daerah Kota Tegal; 30. Dinas Kesehatan Kota Tegal; 31. Disdukcapil Kota Tegal; 32. Dishub Kota Tegal; 33. Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal; 34. DPPKBP2PA Kota Tegal; 35. Dinas Arpus Kota Tegal; 36. DPMPTSP Kota Tegal; 37. BPBD Kota Tegal; 38. Disnakerin Kota Tegal; 39. Dinas Sosial Kota Tegal.

Penempatan mobil layanan yang ada dilaksanakan dengan pendekatan kemudahan koordinasi layanan serta mendekatkan pada sumber daya listrik dan jaringan internet yang di perlukan oleh masing-masing kendaraan.

Kepala DPMPTSP Kota Tegal menjelaskan untuk tetap menjaga ketertiban dan keteraturan di sepanjang City Walk Jalan Ahmad Yani maka parkir kendaraan disediakan tempat di Pasar Pagi serta halaman eks Bank BHS Kota Tegal.

Sedangkan untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan wisata pelayanan publik akan di laksanakan dengan leading sektor Bagian Organisasi Setda Kota Tegal untuk selanjutnya dilaporkan kepada wali kota secara periodik.

Dalam kesempatan itu, wali kota memberikan piagam penghargaan kepada instansi yang turut berpartisipasi dalam Wisata Pelayanan Publik secara simbolis

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark