Jumat 14 Oct 2022 22:51 WIB

Wagub Jateng Tekankan Pentingnya Penggunaan Produk Dalam Negeri

Banyak masyarakat yang enggan memilih atau menggunakan produk dalam negeri.

Wagub Jateng Tekankan Pentingnya Penggunaan Produk Dalam Negeri. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin maimoen
Foto: dok. istimewa
Wagub Jateng Tekankan Pentingnya Penggunaan Produk Dalam Negeri. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin maimoen

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menekankan pentingnya penggunaan produk-produk buatan dalam negeri sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

"Banyak dampak positif yang akan dirasakan ketika sebagian besar masyarakat mencintai produknya sendiri seperti membantu UMKM untuk terus berkembang, menyerap lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, harga lebih murah dengan kualitas produk yang baik, membantu perekonomian negara dan lambat laun bisa menguasai pasar global," katanya di Semarang, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga

Ia menyebut banyak masyarakat yang enggan memilih atau menggunakan produk dalam negeri dengan alasan mutunya rendah.

Menurut dia, pemikiran tersebut harus diubah karena kualitas yang rendah itu akan sulit diperbaiki apabila produsen tidak mendapat masukan dari konsumen.

 

Ia mencontohkan China sekarang menjadi raksasa ekonomi dunia, namun beberapa tahun lalu konsumen Indonesia yang menggunakan produknya sering komplain karena rendahnya kualitas produk mereka.

"Awal-awal produk China masuk ke Indonesia, 'Ah kalau pakai produk China itu, besok sudah rusak'. Tidak lagi bulanan, tidak lagi tahunan, tapi saat ini semua produk mulai dikuasai oleh mereka," ujarnya.

Berkaca dari pengalaman China, maka ia mengajak masyarakat Indonesia untuk mau memulai memilih hasil produksi dalam negeri. "Kalau kita gak mau makai produk sendiri, kapan kita akan ada perbaikan? Kapan kita akan maju?" katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement