Selasa 18 Oct 2022 21:26 WIB

Sempat Longsor, Jalur Stasiun Sumberpucung - Pohgajih Malang Sudah Bisa Dilewati KA

Saat melintasi jalur tersebut kecepatannya dibatasi maksimal lima km/jam.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sempat Longsor, Jalur Stasiun Sumberpucung - Pohgajih Malang Sudah Bisa Dilewati KA (ilustrasi)
Foto: Republika/Rizki Suryarandika
Sempat Longsor, Jalur Stasiun Sumberpucung - Pohgajih Malang Sudah Bisa Dilewati KA (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Jalur kereta api antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih, Kabupaten Malang sudah dapat dilewati kereta api pada Selasa (18/10/2022) sore. Sebelumnya, jalur tersebut dilaporkan sempat tertimbun tanah longsor.

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka seluruh kereta api dari dan menuju Malang dapat kembali beroperasi," kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif saat dikonfirmasi wartawan.

Baca Juga

KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KA Parcel berangkat dari Stasiun Malang pukul 17.00 WIB. Kemudian KA Malabar relasi Malang-Bandung dengan keberangkatan pukul 17.10 WIB.

Untuk upaya normalisasi jalur, PT KAI telah mengerahkan puluhan pekerja beserta perlengkapan lain untuk menyingkirkan material longsor yang menutup akses rel pada KM 85 +4/5. Kemudian juga dilaksanakan di beberapa titik lainnya seperti KM 84+8/9, KM 82+6/7, KM 81+3, KM 86+2/3, KM 82+400/500, KM 83+900/000 antara Stasiun Sumber pucung - Pohgajih.

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat jalur KA terkena longsor di wilayah tersebut," jelas Luqman Arif.

Demi pertimbangan keselamatan, saat melintasi jalur tersebut kecepatannya dibatasi maksimal lima kilometer (km) per jam. Secara bertahap, petugas akan melakukan pembersihan dan pengawasan sehingga kecepatan KA dapat berjalan seperti normal.

Saat ini, kata dia, proses normalisasi tersebut terus berjalan walaupun situasi di lapangan cukup menyulitkan. Hal ini karena kondisi cuaca hujan disertai material longsor batu dan lumpur yang banyak. Meskipun demikian, pihaknya berusaha agar melakukan peningkatan kemampuan pada jalur tersebut sehingga dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal.

Sebelumnya, tanah longsor telah menyebabkan gangguan perjalanan pada tiga KA rute Malang-Sidoarjo-Mojokerto-Kertosono. Ketiga KA tersebut yakni KA Matarmaja relasi Malang Pasar Senen, KA Gajayana relasi Malang-Gambir, dan KA Brawijaya relasi Malang-Gambir. 

Sejatinya, apabila dalam kondisi normal maka akan melalui rute yang dilalui adalah Stasiun Malang - Malang Kotalama - Kepanjen - Wlingi - Blitar. Namun dengan kondisi sedemikian, maka ketiga KA tersebut berjalan memutar dengan rute Malang - Sidoarjo - Mojokerto - Kertosono dan seterusnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement