Kamis 27 Oct 2022 15:54 WIB

Sleman Kampanyekan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Keselamatan berkendara tidak hanya untuk keselamatan pribadi

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa
Foto: Dokumen
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan kampanye keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan serta sosialisasi tertib lalu lintas bagi para pelaku wisata sebagai upaya meningkatkan kesadaran tentang keselamatan lalu lintas dan angkutan.

Kegiatan kampanye dan sosialisasi yang berlangsung di Kelurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan kegiatan kampanye keselamatan LLAJ dan sosialisasi tertib lalu lintas ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

"Kegiatan Kampanye Keselamatan LLAJ dan Sosialisasi Tertib Lalu Lintas ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian yang sama antarpara pengguna jalan sehingga mampu menekan risiko kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sleman," katanya, Kamis (27/10/2022).

Menurut dia, kegiatan ini secara khusus menyasar para pengemudi jip wisata di kawasan lereng Gunung Merapi Sleman, karena didasarkan pada tingginya minat wisatawan di Sleman yang menggunakan jip untuk menyusuri sejumlah tempat wisata yang berada di Sleman.

"Dari data yang dihimpun Pemkab Sleman, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, terdapat kecenderungan peningkatan jumlah kecelakaan di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan data tersebut, Pemkab Sleman bersama seluruh pihak memiliki tanggung jawab dalam melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, khususnya bagi operasional jip wisata yang berada di Sleman.

"Aturan-aturan yang menjadi dasar dalam berkendara yang aman hendaknya dapat menjadi rujukan dalam berkendara. Tidak hanya dalam hal teknis seperti melengkapi diri dengan perangkat keamanan dalam berkendara, namun juga harus dapat dibarengi dengan etika dalam berkendara," katanya.

Danang menegaskan, keselamatan berkendara tidak hanya untuk keselamatan pribadi namun juga untuk keselamatan bersama seluruh pengguna jalan.

Kepala Dishub Kabupaten Sleman Arip Pramana mengatakan kegiatan kampanye dan sosialisasi ini diikuti sebanyak 60 peserta yang merupakan para pelaku usaha jip wisata di kawasan Merapi Sleman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement