Jumat 28 Oct 2022 16:58 WIB

Zakat Produktif Harus Bisa Tingkatkan Kemampuan Usaha Mustahik

Penerima bantuan betul-betul merupakan warga yang membutuhkan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Kapolsek Sidomukti, Kompol Purwanto, menyerahkan bantuan akat produktif kepada penerima manfaat (mustahik) di Mapolsek Sidomukti, Jumat (28/10).
Foto: Dokumen
Kapolsek Sidomukti, Kompol Purwanto, menyerahkan bantuan akat produktif kepada penerima manfaat (mustahik) di Mapolsek Sidomukti, Jumat (28/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA -- Para mustahik penerima manfaat zakat, infak dan sedekah (ZIS) produktif dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Salatiga, Jawa Tengah, diharapkan dapat mengelola bantuan yang telah diterima untuk menjadikan usahanya lebih produktif.

Dengan demikian, dana yang dikelola oleh Baznas Kota Salatiga dari para muzakki dapat disalurkan kepada penerima manfaat lainnya. sebagai bermanfaat bagi Mereka yang sangat membutuhkan.

Ketua Baznas Kota Salatiga, Ari Hidayah Iswanto mengatakan, sejak 2018 telah Baznas Kota Salatiga telah menyalurkan ZIS untuk rehab 47 rumah senilai total Rp 540 juta, bantuan modal dan alat usaha untuk 380 orang senilai Rp 570 juta.

“Kemudian juga beasiswa untuk 1.000 siswa serta mendistribusikan 5.000 paket sembako untuk warga yang membutuhkan, akibat masa sulit akibat pandemi Covid-19 di Kota Salatiga," ujarnya, Jumat (28/10/2022).

Ari juga menambahkan, para penerima manfaat bantuan produktif tersebut, sebelumnya telah diseleksi dan disurvei oleh para Bhabinkamtibmas. Sehingga Baznas tidak khawatir bantuan produktif yang bersumber dari SI tersebut tepat sasaran untuk mengembangan usaha Mereka.

Selama ini, merupakan mitra pemerintah untuk mendorong dan mengakselerasi pengentasan kemiskinan. Oleh karena itu, Baznas Kota Salatiga menghimpun, mengelola, dan mendistribusikan ZIS ini untuk pengentasan kemiskinan para mustahik.

“Sehinga pada waktunya akan mampu berkontribusi bagi dalam pengembangan ekonomi kecil, khususnya di wilayah Kota Salatiga,” tegasnya.

Sementara itu Kabag SDM Polres Salatiga Kompol Jumaeri berharap para penerima bantuan semakin produktif sehingga meningkatkan kesejahteraan. “Kita semua harus berlomba-lomba dalam kebaikan, apalagi ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga," ungkapnya.

Kapolsek Sidomukti Kompol Parwanto menyampaikan hari ini, Baznas juga menyalurkan bantuan kepada 24 orang. Terdiri dari 13 pelaku ekonomi produktif dan 11 paket logistik keluarga.

"Para penerima bantuan kali ini betul-betul merupakan warga yang membutuhkan, sehingga dilakukan survei terlebih dulu agar bantuan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran," jelasnya.

Salah seorang mustahik penerima manfaat, Susilowati berterima kasih kepada jajaran Polsek Sidomukti dan Baznas Kota Salatiga yang telah menyalurkan akat produktif kepada warga yang berhak.

Ia pun bersyukur dengan adanya bantuan seperangkat alat memasak yang diterimanya. “Ada kompor, gelas, termos, dan mangkok sehingga. Sehingga saya bisa bersemagat lagi berjualan soto,”  ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement