Rabu 02 Nov 2022 23:15 WIB

Sejumlah Parpol Undang KPU Temanggung untuk Verifikasi Faktual

Baru tiga parpol yang mengundang KPU untuk verifikasi faktual.

Sejumlah Parpol Undang KPU Temanggung untuk Verifikasi Faktual (ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Sejumlah Parpol Undang KPU Temanggung untuk Verifikasi Faktual (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG -- Sejumlah partai politik di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengundang KPU setempat untuk verifikasi faktual terhadap anggota parpol yang belum bertemu tim verifikatur saat mendatangi rumah yang bersangkutan.

Anggota KPU Kabupaten Temanggung Khadiq Widianto di Temanggung, Rabu, menyebutkan sampel anggota parpol di daerah ini tercatat 1.699 orang.

Baca Juga

Menurut dia, dari 1.699 sampel tersebut telah selesai dikunjungi rumahnya pada tanggal 29 Oktober 2022, baik yang ketemu maupun tidak.

"Bagi yang tidak ketemu, mereka menghadirkan ke parpol dan kami menyesuaikannya. Ketika parpol mengundang, kami berangkat. Sebaliknya, kalau tidak mengundang, kami tidak berangkat," katanya.

Dari enam anggota parpol yang harus dilakukan verifikasi faktual oleh KPU setempat, baru tiga parpol yang undang pihaknya untuk verifikasi faktual. Parpol tersebut, yakni Partai Hanura, Partai Gelora, dan Partai Perindo. Sementara itu,Partai Ummat, PSI, dan Partai Garuda belum mengundang.

"Rencananya Partai Garuda akan mengundang pada tanggal 4 November 2022 pagi hari," katanya.

Dari beberapa parpol yang sudah mengundang itu, lanjut dia, tidak bisa bertemu langsung semua anggota parpol untuk verifikasi faktual.

"Ketika mengundang kami, mereka menyodorkan nama-nama yang mau diverifikasi faktual. Makanya, KPU menyediakan lembar kerja orang-orang tersebut, tetapi tidak semata-mata mereka datang semua," katanya.

Ia menyebutkan salah satu parpol kemarin mengundang 107 anggotanya, yang datang untuk verifikasi faktual hanya 16 orang datang secara langsung dan enam orang dengan sarana teknologi atau video call. Akan tetapi, mereka akan mengundang lagi di kantornya.

"Pada saat mengundang, tidak harus di kantor tingkat kabupaten, tetapi di tingkat kecamatan/ranting boleh, seperti Partai Perindo kemarin tidak di kantornya di Manding, tetapi di Parakan karena basisnya di sana," katanya.

Ia mengatakan bahwa pada hari Rabu Partai Hanura mengundang di dua tempat di Kaloran dan Tlogomulyo dan tim verifikatur mendatangi ke sana.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement