Senin 07 Nov 2022 17:43 WIB

Tambah Rintisan Desa Budaya, Pemkab Sleman Beri Pendampingan

Rintisan Desa Budaya merupakan program strategis Gubernur DIY.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Pengukuhan Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean, Sleman, sebagai Rintisan Desa Budaya.
Foto: Dokumen
Pengukuhan Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean, Sleman, sebagai Rintisan Desa Budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean, resmi dikukuhkan sebagai Desa Rintisan Budaya. Pengukuhan sendiri dilakukan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, di Pendopo Kesenian Siswo Mudo Budoyo Padukuhan Bendungan.

Pengukuhan ini menambah jumlah rintisan desa budaya di Kabupaten Sleman, DIY. Sampai saat ini, Sleman sudah memiliki 19 Rintisan Desa Budaya yang telah mendapatkan SK Gubernur dan memiliki lima desa yang mendapatkan status Desa Mandiri Budaya.

Dalam sambutannya, Danang menyampaikan apresiasi kepada Kalurahan Sidoagung atas upaya-upaya yang dilakukan, sehingga dapat dikukuhkan jadi Desa Rintisan Budaya. Ia menekankan, Pemkab Sleman akan senantiasa memberikan dukungan dan dampingan.

Terutama, kalurahan-kalurahan yang akan menjadi Rintisan Desa Budaya untuk naik satu tingkat menjadi Desa Mandiri Budaya. Danang mengingatkan, untuk mewujudkan itu butuh masyarakat yang tidak cuma kreatif dan inovatif, tapi gotong royong.

"Dengan masyarakat yang kreatif, inovatif dibarengi dengan gotong royong, ke depannya Kalurahan Sidoagung dapat meningkatkan statusnya Desa Mandiri Budaya," kata Danang, Senin (7/11/2022).

Menurutnya, dengan dikukuhkannya Kalurahan Sidoagung menjadi Rintisan Desa Budaya, maka Sidoagung akan diberi akses dalam memperoleh bantuan. Terkait pengembangan budaya dan ekonomi kerakyatan, khususnya di Kalurahan Sidoagung.

Rintisan Desa Budaya merupakan program strategis Gubernur DIY. Yang mana, pelaksanaannya diserahkan kepada kabupaten atau kota yang ada di DIY dengan pembiayaannya berasal dari Dana Keistimewaan (Danais) DIY.

Pembentukan Rintisan Desa Budaya dimaksudkan sebagai bentuk usaha pelestarian, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan potensi budaya di tingkat kalurahan atau desa. Serta, mendorong semangat masyarakat melestarikan nilai-nilai budaya.

Lurah Sidoagung, Edy Utomo, menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya agar pengukuhan Sidoagung menjadi Rintisan Desa Budaya ini dapat memotivasi pamong dan masyarakat. Sehingga, ke depan naik tingkat jadi Desa Mandiri Budaya.

"Semoga dengan dikukuhkannya Sidoagung menjadi Rintisan Desa Wisata dapat memotivasi kami pengurus serta seluruh masyarakat Sidoagung untuk ke depan menjadi Desa Mandiri Budaya," ujar Edy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement