Jadi Panelis B20, Rektor Amikom Bahas Animasi dan Inovasi

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Suyanto (dua dari kiri) berphoto usai mengisi B20 Investment di Bali Nusa Dua Convention Center pada 11 November 2022.
Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Suyanto (dua dari kiri) berphoto usai mengisi B20 Investment di Bali Nusa Dua Convention Center pada 11 November 2022. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Suyanto menjadi Panelis B20 Investment Forum dalam Special Stage Ministry of Tourism and Creative Economy Indonesia bertajuk 'Going Forward: The Creative Economy is Become A New Economic Driver'. Kegiatan itu digelar di Bali Nusa Dua Convention Center pada 11 November 2022.

Suyanto menyampaikan presentasi dengan tema 'Going Forward: The Animated Film as A New Economic Driver'. Dalam presentasinya, Suyanto pun membahas terkait animasi dan inovasi.

Ia mengangkat tentang tentang bagaimana riset di bidang film animasi dapat menjadi penggerak ekonomi baru di masa yang mendatang. Suyanto menunjukan potensi besar bisnis film animasi, dan juga berbagai strategi yang perlu dilakukan guna menembus pasar film terbesar di dunia yakni Hollywood.

Tidak hanya itu, Suyanto juga menyinggung tentang peluang industri startup di bidang teknologi. Dalam hal ini, Ia memperlihatkan drone pintar yang dikembangkan oleh Tim Frogs Indonesia.

"Yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti aerial mapping, agricultural, kargo dan lain-lain," kata Suyanto dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (13/11/2022).

Presentasi Suyanto mendapat sambutan meriah dari peserta forum. Pasalnya, Suyanto juga merealisasikan kerja sama antar negara selain menyampaikan materi dalam forum itu.

Kerja sama yang direalisasikan mendapatkan dukungan penuh dari Kadin pusat dan Kadin DIY, yang mana Universitas Amikom Yogyakarta melakukan penandatanganan MoU dengan perusahaan education technology dari India, RISE.

Selain Suyanto, Deputi Bidang Ekonomi Digital & Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam, CEO PT. Intelegensia Grahatama, David Santosa juga mengisi forum tersebut. Forum ini juga mengundang pengelola dari enam special economic zone (SEZ).

Mulai dari SEZ Morotai, SEZ Tanjung Lesung, SEZ Tanjung Kelayang, SEZ Mandalika, SEZ Singhasari, SEZ Likupang, SEZ Lido, dan SEZ Nongsa. Bahkan, tiga dewan otoritas pariwisata juga dihadirkan yakni Borobudur, Labuan Bajo, dan Danau Toba.

Selain itu, forum diskusi ini dihadiri oleh perwakilan CEO industri digital dan kreatif, serta anggota kadin (chambers of commerce) dari dari berbagai negara.

Terkait dengan B20 Investment Forum, merupakan salah satu dari rangkaian B20 Summit Indonesia 2022 yang terdiri dari Investment Forum, Net Zero Summit MoU Signings, dan B2B Business Matchmaking. Agenda ini berisi exclusive networking forum untuk menghubungkan komunitas bisnis negara G20 melalui forum diskusi proyek.

Puncak kegiatan Presidensi B20 Indonesia 2022 digelar pada 13-14 November di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali. CEO Tesla Inc. dan Owner Twitter yakni Elon Musk juga dijadwalkan akan akan menjadi pembicara B20 Summit Indonesia 2022, bersama dengan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin, Anindya Bakrie.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Meneladani Sikap Para Pahlawan

Etos Kerja (3)

Etos Kerja

Pelayanan Prima (2)

Pelayanan Prima (3)

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark