Gandeng Muhammadiyah, Erick Thohir Dorong Program Kemandirian Umat

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Yusuf Assidiq

Menteri BUMNN Erick Thohir menghadiri agenda Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah.
Menteri BUMNN Erick Thohir menghadiri agenda Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menggandeng Muhammadiyah guna mendorong kemandirian umat di sektor ekonomi. Salah satu kerja sama yang digagas mencakup kolaborasi BUMN dan Muhammadiyah untuk mendorong industri obat herbal yang halal dan aman.

Erick mengatakan BUMN dan Muhammadiyah sepakat untuk mengakselerasi industri obat herbal agar jadi bagian penting dari industri obat nasional. BUMN akan memastikan bahwa obat herbal yang banyak diproduksi oleh unit usaha atau kader Muhammadiyah yang telah lolos kualifikasi agar masuk sebagai salah satu materi yang digunakan oleh rumah sakit.

"Dengan Muhammadiyah tadi kita berbicara bagaimana mengintervensi industri obat herbal yang selama ini banyak potensinya tapi tidak bisa masuk ke rumah sakit atau bisa menjadi bagian dari industri obat nasional," ujar Erick saat agenda Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah.

Selain industri obat, kerja sama BUMN dan Muhammadiyah juga bergerak di sejumlah sektor. Misalnya, kerja sama di bidang finansial, UMKM, dan lain sebagainya. Menurut Erick, layaknya Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah adalah pilar penting dalam mendorong bangkitnya ekonomi umat.

Ia berharap kerja sama dengan Muhammadiyah dapat menumbuhkan tumbuhnya pelaku usaha dari kalangan umat. Ini terutama yang terkait dengan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Sama halnya dengan NU, dengan Muhammadiyah juga kita mendorong kerja sama dengan UMKM. Ini seperti lewat program Pertashop. Saya rasa banyak kader Muhammadiyah yang masuk (program Pertashop). Sedangkan dari finansial kerja samanya dengan BSI," ujarnya.

Erick menegaskan dia sangat mendorong agar BUMN terus bersinergi dengan komunitas dan organisasi masyarakat, seperti NU dan Muhammadiyah. Erick berharap kerja sama dapat berjalan efektif serta bermanfaat luas bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

Terkait


Gandeng Muhammadiyah, Erick Thohir Dorong Program Kemandirian Umat di Sektor Ekonomi

Hadiri Seminar Muhammadiyah, Erick Thohir Tekankan Pengembangan Digital Ekonomi

Erick: PIHC Dukung Ketahanan Pangan lewat Ketersediaan Pupuk

Erick Thohir Berharap Masjid Raya Syekh Zayed Jadi Ladang Pahala

Budayawan Sunda Sebut Erick Thohir Mampu Wujudkan Negara Adil dan Bijaksana

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark