Program UEFA Dinilai Bisa Bantu Pulihkan Citra Arema FC

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Logo Arema FC
Logo Arema FC | Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kursus Program Pengembangan Liga dan Klub yang digelar UEFA di Jakarta dinilai sangat membantu Arema FC. Terutama dalam peningkatan kualitas dan kapasitas citra klub setelah tragedi Kanjuruhan 1 Oktober silam.

Manajer Bisnis Arema FC, Yusrinal Fitriandi, sangat mengapresiasi materi yang disampaikan UEFA. Materi tersebut dinilai sangat relevan dengan rencana program pemulihan klub Arema FC setelah tragedi Kanjuruhan.

Menurut dia, komunikasi berbagai komponen baik dengan para pemangku kepentingan di jajaran Forkopimda memang sangat dibutuhkan. Hal ini termasuk dengan para penggemar guna kembali membangkitkan citra klub serta suporter. "Sebab Arema FC menjadi brand bersama,” kata pria disapa Inal ini.

Sejauh ini, manajemen tim telah melakukan diskusi dan meminta saran serta masukan ke para tokoh sepak bola nasional. Di antaranya seperti Joko Driyono, Ratu Tisha, Ronny Suhatril, dan mantan manajer kompetisi AFC, Mohd Saifuddin asal Malaysia.

Juga dengan para konsultan asing asal Turki dan Italia. Selanjutnya, Arema FC sangat membutuhkan peran serta sumber daya dan perencanaan konten digital. Kemudian juga media sosial pengembangan brand yang mumpuni agar citra Arema FC, Aremania, dan Malang Raya kembali pulih dan kondusif.

Untuk diketahui, pada program UEFA terdapat pembicara Kenny Macleod selaku orang yang ahli di bidang Brand and Fans Communication. Menurut dia, komunikasi dalam pemasaran olahraga sepak bola sangat membantu.

Utamanya dalam meningkatkan reputasi atau kepercayaan publik terhadap pemangku kepentingan utama seperti pemerintah dan stakeholder lainnya. Dengan membangun komunikasi, maka ini menumbuhkan partisipasi berbagai pihak.

Kemudian juga bisa meningkatkan kembali keterlibatan para penggemar sepak bola baik di stadion maupun di dunia maya. "Hal lain komunikasi pemasaran sepakbola akan menarik sponsor dan investasi publik,” ujarnya.      

Selain itu, terdapat pembicara Stuart Robert Larman yang membahas manajemen pengelola keuangan klub. Pembicara ini menilai perlunya manajemen keuangan yang terhubung dengan rencana strategis.

Hal ini berarti klub harus merencanakan, menganggarkan, mengelola, dan melaporkan aspek keuangan dari kegiatannya untuk mencapai tujuan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Arema FC Terima Tawaran Program Tata Kelola Berbasis Membership dari UEFA

Massa Aremania Berunjukrasa di Mabes Polri

LIB Mulai Berbenah untuk Dapatkan Kembali Izin Kompetisi 

Menpora akan Diskusikan Kelanjutan Kompetisi Liga 1 dengan Kapolri

Arema FC Ikuti Program UEFA untuk Pemulihan Pascatragedi Kanjuruhan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark