UGM Mewisuda 949 Lulusan Sarjana dan Diploma

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UGM Yogyakarta.
Kampus UGM Yogyakarta. | Foto: Yusuf Assidiq

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar wisuda Program Sarjana dan Diploma Periode I Tahun Akademik 2022/2023 di Grha Sabha Pramana, Rabu (23/11/2022). Periode ini, UGM mewisuda sebanyak 949 lulusan Program Sarjana dan Diploma. 

Rektor UGM, Ova Emilia, mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil meraih gelar akademis jenjang Sarjana dan Diploma di UGM. Menurutnya, gelar yang disandang tersebut bisa menjadi langkah awal bagi wisudawan untuk turut berkontribusi nyata dalam memajukan pembangunan bangsa.

“Selamat juga kepada para lulusan yang telah resmi menjadi bagian keluarga besar alumni UGM. Jaga nama baik dan rasa cinta terhadap almamater. Penuh syukur dan rasa bangga, kami turut mendoakan semoga Saudara sekalian menjadi lulusan yang berkarakter dan menjadi subjek penggerak perubahan sosial bangsa,” kata Ova dalam sambutannya.

Selain itu, Ova juga mengungkit soal keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Di Forum G20 ini Indonesia berhasil mengajak anggota G20 menyerukan semangat perdamaian dan perang dihentikan, serta menghasilkan beberapa kesepakatan dari para pemimpin dunia sebagai solusi konkret untuk mengatasi krisis global.

“Pada pertemuan G20 tersebut, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa kondisi dunia memang sedang tidak baik-baik saja. Dunia menghadapi tantangan ekonomi global serius, seperti halnya krisis pangan dan krisis energi, serta ancaman kesehatan dengan kehadiran pandemi,” ujarnya.

Menurut dia apa yang disampaikan oleh Presiden itu menjadi pesan bagi perguruan tinggi untuk ikut berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai tantangan tersebut melalui kerja sama lintas disiplin ilmu dalam bidang riset dan teknologi serta mendorong pengembangan kualitas SDM lulusan perguruan tinggi.

“Kami percaya, dengan membangun kerja sama lintas disiplin ilmu, membuka ruang dialog, membangun pola pikir baru yang berorientasi pada penyelesaian masalah bangsa, akan membuat ilmu pengetahuan dan kompetensi para wisudawan wisudawati berdampak bagi masyarakat luas,” kata dia.

Ova juga berpesan mereka adalah lulusan tangguh yang ditempa di era penuh tantangan dan ketahanan belajar dalam situasi krisis. “Saya percaya bahwa generasi yang terlahir di masa sulit akan memiliki daya tahan, kemandirian, kreativitas, serta kapasitas unggul,” pesannya.

Pada wisuda kali ini, terdapat wisudawan dari penerima beasiswa Bidik Misi atau Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) sebanyak 304 wisudawan. Sementara yang berasal dari daerah 3T sebanyak delapan wisudawan. 

Masa studi rata-rata lulusan program sarjana periode ini adalah 4 tahun 4 bulan, dan waktu studi tercepat diraih oleh Savira Noor Febry dari Program Studi Politik dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yang menyelesaikan studi dalam waktu tiga tahun. Sementara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata untuk lulusan Program Sarjana adalah 3,49.

CEO Saraswanti Group, Hari Hardono, perwakilan dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dalam sambutannya mengatakan para wisudawan merupakan lulusan yang sudah dianggap ahli di bidangnya terutama dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi.

Namun demikian, di tengah  era disrupsi teknologi sekarang ini, ia mengingatkan bahwa jangan sampai pekerjaan yang digeluti nantinya tergantikan oleh mesin dan robot.  “Hati-hati robot menggantikan kalian. Agar tidak tertinggal zaman, gunakan teknologi itu mendukung profesi kalian dan gunakan dengan bijak,” ujarnya.

Meski teknologi terus berkembang, imbuhnya, masih banyak masyarakat yang akan tetap dan terus membutuhkan pemikiran dan sentuhan tangan manusia yang tidak bisa tergantikan oleh mesin dan teknologi apapun. “Tetaplah semangat, mengasah hati untuk mendengar dan memahami denyut nadi kehidupan dan permasalahan riil yang dihadapi masyarakat. Hadirlah di tengah masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark