Kamis 24 Nov 2022 15:27 WIB

Sleman Jadi Tuan Rumah Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 

Pelaku UMKM harus mempunyai komitmen agar bisa naik kelas.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kantor Pemkab Sleman.
Foto: Wahyu Suryana.
Kantor Pemkab Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kabupaten Sleman, DIY, menjadi tuan rumah pelaksanaan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 pada Kamis (24/11/2022). Ketua Asosiasi Kelompok UPPK Nasional, GKR Mangkubumi, mengatakan kegiatan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 menjadi upaya untuk mendukung, mendampingi, dan meningkatkan UMKM di DIY.

Acara ini sekaligus menjadi usaha untuk membangkitkan perekonomian usai terpuruk akibat pandemi Covid-19 sejak dua tahun silam. "Mudah mudahan dengan pameran yang ada di Jambore sampai Minggu nanti dan ada talkshow juga, mudah-mudahan masa sulit tidak seperti yang kita bayangkan. UMKM bisa terus bangkit di tengah masa pandemi yang kita hadapi," kata GKR Mangkubumi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menyampaikan sektor kewirausahaan atau UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi nasional. Singgih yang membacakan sambutan Gubernur DIY, mengajak agar pelaku UMKM membangun komitmen yang kuat untuk mengembangkan usahanya.

"Di tengah terjangan pandemi, kerja sama menjadi sebuah keharusan. Pelaku UMKM juga harus mempunyai komitmen agar bisa naik kelas dari segala aspek," ujarnya.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno yang hadir secara virtual, mengungkapkan kegiatan jambore ini menjadi upaya untuk mengonversi peluang usaha. Sandiaga juga mengajak generasi muda, untuk bisa beradaptasi dan berani berinovasi mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan literasi digital.

"Dengan literasi digital akan timbul komunikasi yang baik. Semoga acara ini berjalan lancar dan sukses. Mari bersama kolaborasi sinergi, berperan aktif dalam perekonomian indonesia," ajaknya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa juga berharap agar kegiatan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Sleman. Danang juga mengajak masyarakat agar hadir dan terlibat dalam mendukung kegiatan tersebut.

"Saya menyampaikan ini kepada masyarakat  baik di Sleman maupun di DIY. Silakan jambore ini diadakan tiga hari, kalau mau berkunjung silakan monggo belanja produk nasional kita. Agar perekonomian nasional cepat pulih, UMKM naik kelas dan insya Allah UMKM kita tetap jaya," kata Danang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement