Kamis 24 Nov 2022 16:53 WIB

Soal Ending 'Attack on Titan', Isayama Minta Maaf

Kehancuran yang besar juga mengisi perjalanan serial ini.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Karakter Utama dalam serial AoT, Eren Jaeger, yang mendapatkan kekuatan Founding Titan.
Foto: Tangkapan layar
Karakter Utama dalam serial AoT, Eren Jaeger, yang mendapatkan kekuatan Founding Titan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kreator Attack on Titan (AoT), Hajime Isayama meminta maaf kepada penggemar serial tersebut terkait ending (akhir cerita) AoT. Permintaan maaf ini disampaikan Isayama saat mengisi Anime NYC yang digelar di New York City pada November 2022 ini.

"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh penggemar. Saya tidak yakin bagaimana mengekspresikan perasaan saya tentang akhir cerita (AoT). Saya mengalami waktu yang benar-benar sulit, dan saya ingin meminta maaf (soal ending AoT)," kata Isayama dalam Anime NYC yang dilansir dari ComicBook.

Permintaan maaf tersebut disampaikan Isayama setelah banyak penggemar yang meyakini bahwa ending dari AoT tidak seperti yang diharapkan. Bahkan, banyak yang menganggap ending dari salah satu serial besar tersebut cukup kontroversial.

Pasalnya, karakter utama dari serial tersebut yakni Eren Jaeger menjadi antagonis saat serial AoT menuju ending. Eren yang memperoleh kekuatan Founding Titan, menggunakan kekuatan itu untuk membangkitkan pasukan Colossal Titan.

Hal ini menyebabkan kehancuran yang dahsyat dalam berjalannya serial AoT. Tentunya, penggemar seharusnya juga tidak mengharapkan adanya akhir yang bahagia (happy ending) dari serial yang dapat dilakukan dengan dark anime ini.

Anime AoT sendiri sudah ditayangkan sebanyak empat season. Season keempat atau AoT Final Season dibagi menjadi dua bagian, yang mana bagian keduanya sudah selesai ditayangkan pada April 2022 lalu.

"Dengan perasaan yang berat, saya sudah merasa sedih dalam waktu yang cukup lama, sampai kemarin saat saya bertemu dengan penggemar. Mereka mengatakan bahwa ending (AoT) sangat bagus dan mereka menyukai ending tersebut. Hal ini tentu membuat saya senang dan datang ke New York merupakan pengalaman yang bagus bagi saya. Terima kasih," ujarnya.

Selama berjalannya serial anime AoT, diwarnai dengan banyaknya kematian bahkan karakter-karakter penting dan favorit. Bahkan, kehancuran yang besar juga mengisi perjalanan serial ini.

Final Season dari serial AoT yang digarap oleh MAPPA Studio ini akan dilanjutkan ke bagian ketiga (final part). Final part AoT Final Season direncanakan baru akan dirilis pada 2023 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement