Pemkab Batang Ajak Pelaku UMKM Jadi Eksportir

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Batang Ajak Pelaku UMKM Jadi Eksportir (ilustrasi).
Pemkab Batang Ajak Pelaku UMKM Jadi Eksportir (ilustrasi). | Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah bisa meningkatkan kompetensi untuk menjadi eksportir produk lokal ke pasar mancanegara.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto di Batang, Kamis, mengatakan pihaknya siap memfasilitasi pelatihan untuk mempersiapkan pelaku UMKM agar mampu mengembangkan usahanya hingga pasar mancanegara.

"Pada periode awal pelatihan ini, pelaku UMKM harus memahami dulu seluk beluk ekspor, sebelum terjun seutuhnya. Jadi, meski produknya sudah bagus namun kalau pengetahuan ekspornya minim maka bisa tidak maksimal," katanya.

Dia mengatakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah harus memiliki kemampuan untuk menambah jaringan kemitraan dan wawasan pemasaran yang luas agar produknya lebih dikenal luas di pasaran baik lokal maupun pasar mancanegara.

Baca Juga

"Seperti saya contohnya, pelaku UMKM di daerah ini yang sudah memiliki pasar ekspor yaitu produk shuttlecock Indonesia. Pelaku UMKM ini bisa langsung mengekspor ke konsumen mancanegara karena jaringannya sudah internasional," katanya.

Tenaga Ahli Pembiayaan dan Prosedur Ekspor Free Trade Agreement (FTA) Center Semarang Teguh Prihadi mengatakan bahwa pelatihan ini diutamakan bagi mereka yang belum mengenal ekspor dan tata caranya.

Demikian pula, kata dia, bagi pelaku UMKM yang telah melangkah di bidang ekspor akan ditingkatkan pangsa pasarnya. "Sejak berdiri tahun 2020, kami sudah mengantarkan 111 pelaku UMKM dari 520 UMKM di Jawa Tengah sukses menjadi eksportir," katanya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Jumlah Pengusaha Muslim Indonesia Dinilai Masih Minim

Menkop UKM: 2,7 Juta UMKM Sudah Miliki NIB

Sunarso Jadi CEO of The Year, BRI Mampu Berikan Value di Tengah Masyarakat

Wapres: Pengusaha Besar Jangan Bunuh Pengusaha Kecil

DJP: Minim Sosialisasi, Penerimaan Pajak Sektor UMKM Rendah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark