Jumat 25 Nov 2022 13:22 WIB

KPU Jatim Pastikan tidak Ada Perubahan Alokasi Kursi DPR pada 2024

Dapil menjadi salah satu unsur penting dalam keberlangsungan Pemilu.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
KPU Jatim Pastikan tidak Ada Perubahan Alokasi Kursi DPR pada 2024 (ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
KPU Jatim Pastikan tidak Ada Perubahan Alokasi Kursi DPR pada 2024 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Choirul Anam memastikan, alokasi kursi maupun pembagian daerah pemilihan (Dapil) DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur pada Pemilu 2024 tidak mengalami perubahan. Semuanya masih mengacu pada pelaksanaan Pemilu 2019. Untuk kursi DPRD Jatim, masih tetap 120 kursi. Sementara pembagian Dapil juga tetap 14 wilayah.

"Tetap seperti Pemilu 2019. Jadi tidak dimungkinkan lagi untuk tambahan. Pemetaan Dapil telah diatur dalam Undang-Undang nomor 7 Pasal 185 sampai 190, termasuk ketentuan pencalonan bagi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)" kata Anam, Jumat (25/11).

Baca Juga

Anam mengatakam, Dapil menjadi salah satu unsur penting dalam keberlangsungan Pemilu. Pemetaan dapil, kata Anam, menjadi salah satu faktor penting bagi partai politik untuk memetakan raihan suara dan memperoleh kursi secara maksimal. Partai politik, lanjut Anam, nantinya dapat mengukur berapa kursi yang berpotensi mereka dapatkan.

"Dapil ini menjadi isu krusial dalam proses kepemiluan kita. Saat ini mungkin sudah ramai jadi pembicaraan di beberapa daerah. Sebab ada beberapa pihak yang mulai menghembuskan adanya penataan Dapil baru," ujarnya.

Anam menjelaskan, tahapan penataan Dapil dan alokasi kursi telah dimulai sejak 14 Oktober 2022 dan akan berlangsung hingga 9 Februari 2023. Pada 23 hingga 30 November 2022, lanjut Anam, KPU kabupaten/ kota akan mengumumkan rancangan dapil untuk kemudian mendapatkan masukan dari masyarakat.

"Adapun partai politik akan ada kesempatan mengusulkan Dapil pada forum uji publik," kata Anam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement