Dari 'Freestyler' Hingga Tukang Cukur Galang Donasi untuk Cianjur

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

 Aksi para freestyler turut memeriahkan kegiatan Charity for Cianjur yang digelar Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas (Forkom-Relinko) Kabupaten Semarang, di Alun Alun Bung Karno, Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Ahad (27/11/2022).
Aksi para freestyler turut memeriahkan kegiatan Charity for Cianjur yang digelar Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas (Forkom-Relinko) Kabupaten Semarang, di Alun Alun Bung Karno, Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Ahad (27/11/2022). | Foto: Bowo Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Gempa bumi yang mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa dan kerugian harta benda di Cianjur, Jawa Barat, mengundang empati para relawan dari berbagai komunitas, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Selama dua hari, Sabtu hingga Ahad (26-27/11), mereka yang tergabung dalam Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas (Forkom-Relinko) Kabupaten Semarang bahu membahu menggalang donasi untuk para korban gempa bumi Cianjur.

Dalam kegiatan bertajuk Charity For Cianjur ini, tak kurang dari 20 komunitas relawan berpartisipasi dalam kegiatan amal yang dipusatkan di Alun Alun Bung Karno, Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang ini.

Selama dua hari kegiatan penggalangan donasi, tidak hanya menampilkan berbagai pertunjukan panggung musik serta penampilan ragam kesenian/budaya tradisional khas Kabupaten Semarang.

Dari komunitas otomotif yang ada di ibu kota Kabupaten Semarang ini juga turut menampilkan atraksi para freestyler untuk menghibur dan menggalang kepedulian masyarakat, pada Ahad siang.

Tak ketinggalan, kegiatan penggalangan donasi untuk ini juga melibatkan para pelaku usaha kopi lokal serta puluhan tukang cukur (potong rambut) yang ada di wilayah kota Ungaran dan sekitarnya.

Mereka memberikan kesempatan kepada pengunjung Alun-Alun Bung Karno untuk menikmati segelas kopi serta potong rambut hanya dengan membayar seikhlasnya, selama kegiatan penggalangan donasi berlangsung.

“Semua pemasukan dari segelas kopi dan potong rambut tersebut, juga untuk didonasikan kepada warga yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur,” ungkap Prapto Nugroho, perwakilan Forkom- Relinko.

Prapto juga mengungkapkan, kegiatan charity (amal) untuk menggalang donasi dan membantu korban bencana alam ini bukan kegiatan sosial yang kali pertama dilaksanakan oleh Relinko Kabupaten Semarang.

Karena Kegiatan yang sama juga pernah dilakukan para relawan lintas komunitas di Kabupaten Semarang untuk membantu warga terdampak bencana gempa bumi di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa tahun lalu.

Tak lupa, ia juga mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada segenap warga Kabupaten Semarang yang telah mendonasikan sebagian rezekinya untuk membantu saudara-saudara yang sedang mengalami musibah di Cianjur.

“Kami mewakili relawan lintas komunitas mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada warga Kabupaten Semarang yang telah turut berpartisipasi dalam kegiatan amal kali ini,” tegasnya.

 

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark