Aksi Amal Forkom Relinko Galang Donasi Rp 31,4 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Aksi Amal Forkom Relinko Galang Donasi Rp 31,4 Juta untuk Korban Gempa Cianjur (ilustrasi).
Aksi Amal Forkom Relinko Galang Donasi Rp 31,4 Juta untuk Korban Gempa Cianjur (ilustrasi). | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,UNGARAN -- Hasil penggalangan donasi melalui kegiatan Charity for Cianjur, yang dilakukan Forum Komunikasi Relawan Lintas Kounitas (Forkom- Relinko) selama dua hari (26 - 27 November 2022) kumpulkan lebih dari Rp 31 juta rupiah.

Jumlah ini dihitung berdasarkan donasi terkumpul dari masyarakat Kabupaten Semarang yang hadir langsung di arena penggalangan donasi Alun- Alun Bung Karno, Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

"Selain itu panitia juga menerima donasi Charity for Cianjur dari partisipan yang disampaikan masyarakat Kabupaten Semarang melalui transfer," ungkap Koordinator kegiatan, Prapto Nugroho, Senin (28/11) pagi.

Secara rinci, jelasnya, hasil penggalangan dana yang digelar Forkom- Relinko untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat pada hari Sabtu terkumpul sebanyak Rp 17.109.200.

Baca Juga

Sementara untuk hasil penggalangan dana pada hari kedua, Ahad kemarin terkumpul sebanyak Rp 14.291.000. "Sehingga total donasi yang terkumpul dari kegiatan ini mencapai Rp 31.400.200," jelas Prapto.

Selaku penyelenggara, ia juga menyampaikan terimakasih kepada segenap komunitas relawan yang telah mendukung kegiatan amal ini, maupun kepada warga Kabupaten Semarang yang telah berpartisipasi melalui donasinya.

Tak terkecuali para pedagang kaki lima (PKL) yang ada di kawasan Alun Alun Bung Karno yang secara spontan juga turut berpartisipasi memberikan sebagian penghasilannya untuk didonasikan melalui kegiatan ini.

"Nantinya, seluruh donasi yang telah terkumpul dari kegiatan ini akan disalurkan kepada para korban gempa bumi di Cianjur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang," tegas Prapto.

Pembina Forkom Relinko, Bondan Marutohening sangat mengapresiasi kepedulian para relawan dalam kegiatan amal untuk membantu para korban bencana gempa bumi yang ada di Cianjur kali ini.

Termasuk keterlibatan para pelaku seni, pegiat budaya, musisi, penggemar otomotif, para PKL alun alun Bung Karno hingga para tukang cukur dan warga Kabupaten Semarang yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini.

Sebelumnya kegiatan amal yang sama juga dilakukan oleh Forkom Relinko Kabupaten Semarang untuk membantu saudara- saudara yang terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selama ini, Forkom Relinko tidak hanya bergerak dalam aksi- aksi kemanusiaan saja. "Namun juga hadir dalam berbagai aksi kepedulian lingkungan maupun problem sosial di Kabupaten Semarang," jelas Bondan, yang juga Ketua DPRD Kabupaten Semarang ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pertamina Patra Niaga Salurkan LPG Bright Gas, BBM dan Avtur untuk Gempa Cianjur

BNPB: Pemerintah Beri Uang Sewa untuk Tampung Pengungsi Gempa Cianjur

Polda Jabar Janji Tindak Pengadang Bantuan Gempa Cianjur

Laznas Dewan Dakwah Inisiasi Masjid Darurat  

BMKG: 285 Gempa Susulan Terjadi di Cianjur

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark