Rabu 30 Nov 2022 13:33 WIB

Survei Ungkap Ketatnya Persaingan Elektabilitas Parpol di Jatim

Peta elektabilitas Parpol di luar 3 besar juga mulai bergeliat.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
Survei Ungkap Ketatnya Persaingan Elektabilitas Parpol di Jatim (ilustrasi).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Survei Ungkap Ketatnya Persaingan Elektabilitas Parpol di Jatim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Survei yang dilakukan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menunjukkan persaingan elektabilitas partai politik di Jawa Timur berjalan ketat, menjelang Pemilu 2024. PKB memang masih berada di posiai teratas dengan raihan elektabilitas 17,8 persen. Namun selisihnya tidak terlalu jauh dengan PDI Perjuangan yang ada di posisi dua dengan elektabilitas 14,1 persen.

"PKB masih teratas, tetapi angkanya belum aman. PDIP kedua, selisihnya gak begitu jauh," kata Direktur ARCI Baihaqi Siraijt di Surabaya, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga

Baihaqi melanjutkan, di posisi ke tiga ada l Gerindra dengan elektabilitas yang selisihnya juga tidak terlalu jauh. Elektabilitas Gerindra berada di angka 13,9 persen. Baihaqi melanjutkan, peta elektabilitas Parpol di luar 3 besar juga mulai bergeliat. Tergambar dari elektabilitas Golkar yang mulai memangkas jarak dengan PKB, PDIP, dan Gerindra, dengan raihan 12,6 persen.

"Golkar mulai menunjukkan progres. Mungkin efek Ketua Golkar Jatim Sarmuji yang rajin turun ke daerah-daerah mulai membuahkan hasil," ujarnya.

 

Baihaqi melanjutkan, pada survei ARCI yang dilakukan Agustus 2022, elektabilitas Golkar di Jawa Timur masih 10,2 persen. Artinya dalam tiga bulan mengalami kenaikkan lebih dari dua persen. Baihaqi melanjutkan, di posisi kelima ada Demokrat dengan elektabilitas 11,4 persen. Di luar itu, partai-partai seperti PPP, PKS, PAN, NasDem, elektabilitasnya di Jatim tidak tidak sampai 5 persen.

Baihaki menambahkan, persaingan parpol di Jatim sangat dinamis, khususnya untuk memperebutkan posisi tiga besar. Menurutnya, belum ada partai di jajaran 3 besar yang aman, termasuk PKB di posisi teratas. Itu tak lain karena selisihnya yang terbilang tipis dengan para pesaingnya.

Survei ARCI dilakukan pada 10 November hingga 20 November 2022. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, dan angka margin of error di kisaran 2,8 persen.

Berikut elektabilitas Parpol di Jatim berdasarkan hasil survei ARCI:

1. PKB: 17,8 persen

2. PDI Perjuangan: 14,1 persen

3. Gerindra: 13,9 persen

4. Golkar 12,6 persen

5. Demokrat: 11,4 persen

6. NasDem: 4,2 persen

7. PPP: 3,8 persen

8. PKS: 3,5 persen

9.Perindo: 3,2 persen

10. PAN: 2,1 persen

11. PSI: 1,2 persen

Tidak menjawab/tidak mengetahui: 12,2 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement