Pemkab Kediri Kirim Relawan Kesehatan ke Cianjur

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Kediri Kirim Relawan Kesehatan ke Cianjur (ilustrasi).
Pemkab Kediri Kirim Relawan Kesehatan ke Cianjur (ilustrasi). | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengirimkan relawan kesehatan untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa barat.

Penjabat Sekda Kabupaten Kediri Adi Suwignyo mengemukakan pengiriman relawan kesehatan ini merupakan misi kemanusiaan yang dilakukan, setelah sebelumnya Pemkab juga mengirimkan dua truk bantuan logistik.

"Kami memberangkatkan relawan dari keluarga besar kesehatan, setelah sebelumnya bantuan logistik," kata Adi di Kediri, Rabu (30/11/2022).

Relawan kesehatan yang dikirimkan itu terdiri dari enam dokter, dua bidan, 11 perawat dan dua orang tenaga pendukung.

Baca Juga

Untuk mendukung aksi kemanusiaan tersebut, para relawan kesehatan yang diberangkatkan itu juga sudah dibekali berbagai macam obat. Rombongan juga membawa dua mobil ambulans dari RS Simpang Lima Gumul dan RS Kabupaten Kediri (RSKK) Kabupaten Kediri, serta tiga unit mobil penunjang.

"Nanti begitu sampai ke Cianjur akan langsung menuju posko baru kemudian terjun ke lapangan," kata dia.

Adi juga menambahkan, misi kemanusiaan tersebut diharapkan dapat membantu para korban terdampak gempa bumi di Cianjur. Petugas medis dari Kabupaten Kediri nantinya akan bergabung dengan petugas paramedis yang terlebih dahulu berada di lokasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Ahmad Khotib mengatakan relawan dari tenaga kesehatan yang dikirim tersebut akan membantu dalam perawatan korban luka termasuk melakukan trauma healing untuk recovery mental pascagempa.

"Dua mobil ambulans yang diberangkatkan itu dengan fasilitas yang lengkap, untuk operasi kecil (di lapangan) pun siap," kata dia.

Ia juga menambahkan, relawan yang diberangkatkan tersebut akan melakukan misi kemanusiaan hingga akhir pekan nanti.

Pengiriman relawan kesehatan itu juga akan terus dilakukan evaluasi, sambil menunggu perkembangan kondisi di lapangan. Hasil evaluasi untuk memutuskan apakah nantinya akan diberangkatkan tim kesehatan tahap kedua.

Dirinya juga memastikan petugas kesehatan juga siap ditugaskan ke lokasi mengemban misi kemanusiaan membantu warga yang menjadi korban bencana gempa bumi itu.

"Semua organisasi profesi kesehatan siap bersatu padu untuk mendukung visi kemanusiaan kita, mereka siap diberangkatkan untuk periode berikutnya bila dibutuhkan," kata Ahmad.

Sementara itu, organisasi kesehatan di Kabupaten Kediri juga telah mengumpulkan donasi untuk membantu penanganan bencana di Cianjur, Jawa Barat tersebut. Hingga kini telah berhasil terkumpul donasi sebanyak Rp90 juta, yang juga diwujudkan dalam bentuk bahan pokok. Bantuan dikirimkan ke lokasi bencana.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Banteng Fondo Ride Gowes dari Kediri ke Makam Bung Karno di Blitar

Pemkot Kediri Minta Masyarakat tak Lengah Covid-19

Pemkot Kediri Ajak Pemilik Usaha Pahami NIB

Wali Kota Kediri Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Kota Kediri Konservasi Anggrek di Hutan Kota Joyoboyo

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark