Sebanyak 1.343 Pengusaha di Kediri Dapat Bantuan Modal

Red: Muhammad Fakhruddin

Sebanyak 1.343 Pengusaha di Kediri Dapat Bantuan Modal (ilustrasi).
Sebanyak 1.343 Pengusaha di Kediri Dapat Bantuan Modal (ilustrasi). | Foto: republika/mgrol100

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Sebanyak 1.343 pemilik usaha di Kota Kediri, Jawa Timur, dinyatakan lolos sebagai penerima bantuan modal usaha dalam program Pemkot Kediri, sebagai upaya mewujudkan wirausaha mandiri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan dari 5.829 peserta yang mendaftar, ada sebanyak 1.343 peserta dinyatakan lolos. Pada kategori IKM (industri kecil menengah) sebanyak 514, kategori WUB (wirausaha baru) perdagangan 649, kategori WUB perindustrian 42, kategori buruh pabrik rokok 89, dan kategori pekerja pabrik rokok 49.

"Saya ucapkan terima kasih kepada 5.829 pendaftar yang telah berpartisipasi dalam seleksi program bantuan modal juta-an rupiah tahun 2022. Setelah melalui berbagai tahapan mulai seleksi administrasi hingga verifikasi lapangan tim verifikator menetapkan 1.343 orang yang terpilih sebagai penerima program bantuan modal Pemerintah Kota Kediri tahun 2022. Verifikasi dilakukan secara profesional, transparan dan sesuai ketentuan," katanya di Kediri, Kamis (1/12/2022).

Wali Kota juga mengatakan tim verifikator telah membuka ruang diskusi bagi yang belum menerima tahun ini. Rencananya tahun depan akan memberikan bantuan modal yang lebih besar lagi.

Baca Juga

"Kami membuka pusat informasi dan ruang diskusi. Silahkan hubungi call center, bisa ajukan pertanyaan terkait mengapa belum lolos verifikasi. Sehingga bisa dijadikan perbaikan, agar lebih siap untuk mendapatkan bantuan modal di tahun berikutnya," katanya.

Wali Kota Kediri juga berpesan kepada penerima agar bertanggung jawab, serta memanfaatkan bantuan modal sesuai dengan proposal rencana anggaran belanja yang telah diajukan.

"Semoga bantuan modal usaha ini bisa memperluas usaha dan berkontribusi pada pengurangan angka kemiskinan. Semoga bisa membantu membuka kesempatan lapangan pekerjaan di Kota Kediri yang kita cintai ini," kata dia.

Pemkot telah mengumumkan kepada seluruh pendaftar bantuan modal jutaan rupiah, baik yang terpilih maupun tidak terpilih. Untuk yang terpilih akan mendapatkan pesan yang berisi panduan langkah serta jadwal berikutnya yang harus dijalankan. Sedangkan bagi peserta yang tidak terpilih, akan mendapatkan pesan berisi alasan mengapa tahun ini belum terpilih.

Sedangkan untuk pendaftar yang tidak terpilih 815 di antaranya mendaftar lebih dari satu kali, sehingga diambil data pendaftaran terakhir. Sisanya sebanyak 3.671 pendaftar dinyatakan gugur dengan beberapa sebab seperti lama usaha IKM di bawah dua tahun, jenis usaha bukan sektor perindustrian dan perdagangan, berkas yang di upload tidak sesuai atau fotokopi, satu rumah lebih dari satu pendaftar sehingga diloloskan satu perempuan yang paling membutuhkan, tidak ada aktivitas usaha, bukan masyarakat Kota Kediri, serta lokasi usaha di luar Kota Kediri.

Pemkot Kediri membuka peluang untuk 990 wirausahawan baru. Mereka akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan modal dengan maksimal jumlah bantuan senilai Rp10 juta.

Namun, mereka harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Sebelum mengajukan bantuan modal ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, pelaku usaha terlebih dahulu harus mendaftarkan usaha yang ia miliki untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Muslim Mayoritas di Indonesia, Tapi Jumlah Pengusaha Muslim Minim

Jumlah Pengusaha Muslim Indonesia Dinilai Masih Minim

Laznas BMH Berikan Bantuan Modal untuk Petani di Teritip, Balikpapan Timur

HIPMI Yakin Ekonomi Indonesia Tidak Akan Gelap pada Tahun Depan

Kunjungi Indonesia, Mendag Kanada Ingin Tingkatkan Hubungan di Indo-Pasifik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark