Akhirnya, Solo Punya Logo dan Maskot Anyar

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq

Logo baru Kota Solo.
Logo baru Kota Solo. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Setelah beberapa waktu lalu menggelar desain lomba terbuka untuk logo The Spirit of Java dan maskot Rojomolo Kota Solo, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengumumkan pemenang lomba pada Sabtu (3/12/2022).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, logo baru itu akan menggantikan logo lama berbentuk lingkaran. Logo bertuliskan Solo dengan ornamen gunungan wayang dan tambahan garis melengkung ke atas di bawah huruf L itu adalah karya warga Bandung bernama Andrea Isa.

Sementara maskot Rajamala bergaya trendi dengan balutan jas biru adalah karya warga Sleman bernama Bambang Marsana Triantoro. "Maskotnya Rajamala lagi biar konsisten tapi agak beda sedikit. Kan sudah dipakai APG, Rock in Solo," katanya.

Selain itu, Gibran mengatakan nantinya logo dan maskot baru itu bebas untuk digunakan masyarakat Kota Solo. Baik di kop surat dan semua jenis marchaindais termasuk di bungkus makanan. "Kita ikut yang namanya cumamon ya. Maskot logo yg copyright-nya free," katanya.

Selain itu, Gibran menambahkan digantinya maskot dan logo tersebut lantaran dirasa sudah jenuh. "Misal sudah ada titik jenuh bisa refresh lagi," katanya.

Sementara itu, panitia lomba logo dan maskot Irfan Sutikno mengatakan walau waktu pendaftaran relatif pendek, tapi jumlah dan asal peserta memang cukup beragam. "Bahkan ada yang dari Kalimantan Timur, Lampung," kata Irfan.

Irfan mengatakan pemenang akan diberikan hadiah berupa dana pembinaan Rp 15 juta untuk lomba desain ulang logo. Sedangkan untuk lomba desain maskot Rp 10 juta.

"Mereka juga akan mendapatkan piagam penghargaan, sedang untuk finalis lomba desain ulang logo dana pembinaan Rp 2,5 juta dan piagam penghargaan, finalis lomba desain maskot dana pembinaan Rp 2 juta dan piagam penghargaan," ujarnya.

 

Terkait


Gelar Pasar Murah, Pemkot Solo Jual 3070 Paket Sembako

Anggaran Puluhan Miliar Disiapkan Bangun Pasar Tradisional Solo

Kebijakan Pemkot Solo Hapus Anggaran Mobil Listrik Disayangkan

Pakar Kebijakan Publik Kritisi Pemkot Solo yang Hapus Anggaran Mobil Listrik

Pemkot Surakarta Benahi Kawasan Sriwedari Mulai Pekan Depan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark