Pernikahan Kaesang-Erina, Beberapa Titik di DIY Diamankan

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Pekerja mengecat ulang tiang Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Kamis (1/12/2022). Santer dikabarkan pendopo ini rencananya akan digunakan untuk resepsi pernikahan putera Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dengan mantan Puteri Indonesia, Erina Gudono. Bangunan ini termasuk cagar budaya dan menjadi salah satu bangunan utama dari komplek Pesanggrahan Kedhaton Ambarukmo yang dibuat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono II. Kemudian dilanjutkan dan dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono V, serta disempurnakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII.
Pekerja mengecat ulang tiang Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Kamis (1/12/2022). Santer dikabarkan pendopo ini rencananya akan digunakan untuk resepsi pernikahan putera Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dengan mantan Puteri Indonesia, Erina Gudono. Bangunan ini termasuk cagar budaya dan menjadi salah satu bangunan utama dari komplek Pesanggrahan Kedhaton Ambarukmo yang dibuat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono II. Kemudian dilanjutkan dan dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono V, serta disempurnakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII. | Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di DIY akan digelar pada 10 Desember mendatang di Royal Ambarukmo Yogyakarta, Kabupaten Sleman. Polda DIY pun mengaku sudah siap melakukan pengamanan saat berlangsungnya acara.

Wakil Kepala Polda DIY, Kombes Pol Raden Slamet Santoso mengatakan, pengamanan akan dilakukan di beberapa titik. Artinya, pengamanan tidak hanya akan dilakukan di lokasi berlangsungnya acara pernikahan di Royal Ambarrukmo.

"Kan rangkaiannya ada dari, mulai kediaman, di Ambarrukmo hotel dan tamu-tamu hotel lainnnya," kata Slamet di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (5/12/2022).

Pengamanan terkait lalu lintas pun akan dilakukan di beberapa titik, mengingat Presiden Jokowi juga akan hadir. Namun, Slamet menyebut, seperti apa pengamanan terkait lalu lintas ini masih akan dibahas lebih lanjut.

"Cuma nanti kita persiapkan di seluruh jalur, sehingga acara juga bisa berjalan dengan lancar. Karena ada beberapa event (lain) pada hari itu dan kemudian masyarakat juga bisa melaksanakan kegiatannya masing-masing. Jadi berjalan simultan, jadi semuanya kita antisipasi," katanya menambahkan.

Slamet juga menuturkan, tim pengamanan gabungan yang terdiri dari TNI/Polri juga melakukan rapat koordinasi (rakor) pada 5 Desember ini. Rakor dilakukan untuk menentukan teknis pengamanan selama kegaitan berlangsung di DIY nantinya.

"Nanti yang menyampaikan dari Danrem, tim kita dalam kepolisian juga masuk dalam tim dari Korem. Nanti di Rakor Pam itu akan dibahas bagaimana untuk arus lalinnya, bagaimana pengamanannya," ujar Slamet.

Dalam pengamanan nantinya, pihaknya sudah menyiapkan hingga 500 personel dari pihak kepolisian. Seluruh personel tersebut, kata Slamet, juga akan mengamankan kegiatan lainnya di hari yang sama.

"(Pengamanan dilakukan) Termasuk kebutuhan masyarakat lainnya, itu ada di beberapa titik, kita perkirakan (personel yang disiapkan) sejumlah itu," jelasnya.

"Karena pada hari itu ada beberapa event, seperti kegiatan-kegiatan malam Sabtu dan malam Minggu, kita amankan semuanya

Sebelumnya, Polresta Yogyakarta juga menyebut ikut melakukan pengamanan saat pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut. Kasubag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharjo mengatakan, pengamanan akan dilakukan selama tiga hari yakni sejak 8-10 November.

"Beberapa hari yang lalu sudah dilakukan apel bersama yang diadakan di korem 072, minggu (27/11) oleh personel gabungan TNI/Polri untuk persiapan pelaksanaan pengamanan kegiatan," kata Timbul belum lama ini.

Meskipun pelaksanaan pernikahan tersebut dilakukan di Sleman, namun Timbul menyebut, Polresta Yogyakarta siap mendukung pengamanan. Pihaknya sendiri akan melakukan pengamanan di Gedung Agung.

"Kita back up (untuk melakukan pengamanan)," kata Timbul.

Pasalnya, Presiden Jokowi juga akan hadir dalam pernikahan tersebut. Presiden juga dikabarkan akan berada di Istana Negara, sehingga perlu dilakukan pengamanan di kawasan itu.

"Yang jelas pengamanan jalur, pasti polisi pengamanan jalur dan lokasi juga. Tapi kalau di (wilayah kerja Polresta) Kota (Yogyakarta), akan kita siapkan pengamanan di Gedung Agung, di Istana Negara. Kemungkinan Pak Presiden di Istana Negara," ujar Timbul.

 

Terkait


Kepolisian Matangkan Pengamanan Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

Polisi Matangkan Pengamanan Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

Ke Solo, Jokowi Hadiri Rapat Terakhir Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina

Polda Jateng Siap Kawal 220 Bus yang Disiapkan Panitia Pernikahan Kaesang-Erina

Ngundhuh Mantu Kaesang Dihadiri 6 Ribu Tamu, Panitia Siapkan 220 Bus

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark