Juara 2 Pimnas 2022, UGM Raih Emas Terbanyak 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq

Salah satu kegiatan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 di UMM. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 30 November hingga 3 Desember 2022 (ilustrasi).
Salah satu kegiatan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 di UMM. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 30 November hingga 3 Desember 2022 (ilustrasi). | Foto: Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara 2 pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 yang berlangsung di kampus Universitas Muhammadiyah Malang pada 30 November-3 Desember 2022. Meski demikian, UGM meraih emas terbanyak pada kompetisi tersebut.

Kontingen UGM berhasil meraih 19 medali dengan perolehan tiga emas, tiga perak, dan empat perunggu untuk kategori presentasi. Sedangkan kategori poster mendapat empat emas, satu perak, dan empat perunggu.

Sementara  Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi juara umum dengan mengumpulkan 13 medali dengan mendapat lima emas, tiga perak dalam kategori presentasi. Sedangkan di kategori poster mendapat satu emas, dua perak, dan dua perunggu.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Sindung Tjahyadi, mengaku bersyukur atas capaian yang didapat oleh kontingen mahasiswa UGM. Meski tidak berhasil menjadi juara umum berturut-turut untuk kelima kalinya, namun para mahasiswa telah berupaya maksimal dalam setiap kompetisi.

"Kita tetap bersyukur atas capaian ini dan mengapresiasi yang didapat oleh mahasiswa dengan banyaknya medali yang diperoleh," kata Sindung, Senin (5/12).

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Sri Gunani Partiwi, mengatakan Pimnas kali ini diikuti 97 universitas yang terdiri dari 370 tim yang berhasil masuk menjadi finalis. "Kita menerima 37 ribu proposal, peserta yang masuk finail ada 370 tim, sekitar satu persen dari seluruh proposal yang masuk," ujarnya.

Sri berharap setiap karya yang telah dihasilkan bisa dilanjutkan pemanfaatannya bagi masyrakat yang lebih luas. "Kita ingin  mereka bisa mengimplementasikan karyanya bermanfaat bagi bangsa dan negara," jelas dia.

Ketua panitia pelaksanan Pimnas ke-35,  Hariyadi MP, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama seluruh kontingen yang berpartisipasi pada penyelenggraan Pimnas kali ini sehingga bisa terselenggara dengan baik.

"Lewat Pimnas ini kita bisa membangun kolaborasi dan persaudaraan antar mahasiswa serta mendorong semangat berkreasi  di kalangan mahasiswa," ujarnya.

Untuk diketahui, urutan peringkat sepuluh besar Pimnas ke 35 yakni IPB, UGM, ITS, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Brawijaya. Disusul Universitas Ailrlangga, Universitas Hasanuddin, Institut Seni Indonesia Surakarta, ITB dan Universitas Negeri Medan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Tim Mahasiswa UGM Raih Emas Ajang KMI Expo XIII 

Mikroalga Bisa Dikembangkan Jadi Minyak Goreng Alternatif

Mahasiswa UGM Kembangkan Pemagnetisasi Air Irigasi Perkebunan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark