Jalan Tol Semarang- Demak Seksi II akan Kembali Dibuka

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

| Foto:

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Kabar baik datang untuk masyarakat pengguna jalan utama di kawasan pantai utara (Pantura) Semarang- Demak. Setelah tanggal 15 Desember 2022, jalan tol Semarang- Demak Seksi II (Sayung- Kadilangu) akan dibuka kembali.

Setelah beberapa waktu lalu sempat dibuka untuik uji coba untuk kendaraan dengan ukuran terbatas, jalan tol ruas ini telah ditutup kembali untuk menyelesaikan beberapa penyempurnaan. Rencananya pekerjaan penyempurnaan ini akan dipercepat.

Sehingga, jalan tol ini sudah bisa dioperasionalkan kembali untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti. Khususnya di jalur pantura Semarang- Demak ini.

“Mudah- mudahan tanggal 15 sudah bisa dibuka kembali sehingga Nataru sudah siap,” ungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau kembali ruas jalan tol Semarang- Demak Seksi II ini, Rabu (7/12).

Baca Juga

Gubernur juga menyampaikan, di sela perjalanan menuju ke Kabupaten Pati kembali memantau langsung situasi arus lalu lintas di jlan utama Semarang- Demak. Hingga menjelang titik pintu masuk tol terpantau lancar.

Berbeda dengan hari- hari sebelumnya, yang disebut gubernur ‘mengerikan’ karena kemacetan menjadi pemandangan yang lumrah disaksikan.

Namun hari ini gubrnur tidak melihat kemacetan tersebut. “Mudah- mudahan setelah pengerjaan finishing ini rampung dan jalan tol dioperasionalkan situasi jalur pantura Semarang- Demak akan semakin lancar lagi,” tambahnya.

Ganjar juga menyampaikan, dengan telah difungsionalkannya jembatan Wonokerto juga cukup membantu. Pada saat proses perbaikan, jalur utama Semarang- Demak kondisinya macet luar biasa.

Hari ini, kondisi lalu lintas tersebut semakin lancar dan tidak terpantau kemacetan panjang kendaraan yang melintas. Dari kondisi lau lintas yang sudah semakin baik ini diharapkan akan semakin lancar jika jalan Tol Semarang- Demak Seksi II dibuka kembali.

“Sekarang arus lalu lintasnya sudah jalan sudah bagus, kita perbaiki lagi di sini (jalan tol) untuk dibereskan penerangan jalan umum (PJU), CCTV dan beberapa fasilitas lainnya,” tambah gubernur.

Seperti diketahui, Tol Semarang- Demak memiliki total panjang 26,7 kilometer dan terbagi menjadi dua seksi. Seksi I (Semarang- Sayung) sepanjang 10,69 kilometer dan Seksi II (Sayung-Kadilangu/ Demak) sepanjang 16,31 kilometer. 

 

Terkait


Ganjar Bentuk Timsus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Menteri PUPR Targetkan Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka Akhir Pekan Ini

Tol Semarang-Demak Diuji Coba untuk Urai Kemacetan

Tol Semarang-Demak Diuji Coba untuk Urai Kemacetan, Pangkas Waktu Tempuh Hingga 2 Jam

Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka Fungsional 18 November

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark