Pemkot Kediri Kembali Canangkan Kelurahan Bersinar

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Kediri Kembali Canangkan Kelurahan Bersinar (ilustrasi).
Pemkot Kediri Kembali Canangkan Kelurahan Bersinar (ilustrasi). | Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Pemerintah Kota Kediri bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri, Jawa Timur, kembali mencanangkan kelurahan bersih anti narkoba (Bersinar) untuk tiga kelurahan di kota ini.

Ketiga kelurahan itu yakni Kelurahan Setono Pande, Kelurahan Semampir, dan Kelurahan Bandar Lor, Kota Kediri, setelah pada 2021 juga dengan program yang sama dilakukan di Kelurahan Ngadirejo dan Kelurahan Mojoroto.

"Kelurahan merupakan ujung tombak dalam pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Kota Kediri, sehingga dibentuklah Kelurahan Bersinar yang memiliki peran untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib sehingga dapat menangkal masuknya peredaran narkoba," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Kediri Ahmad Zainudin di Kediri, Rabu (7/12/2022).

Ia menambahkan, dipilihnya ketiga kelurahan tersebut sebagai Kelurahan Bersinar telah dipertimbangkan melalui beberapa persyaratan yang berhasil dipenuhi yaitu tersedianya data kependudukan yang akurat, dukungan dan komitmen pemerintah daerah, peran aktif masyarakat, serta memenuhi kriteria wilayah yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga

"Kriterianya pertama, kesiapsiagaan masing-masing kelurahan, kedua kreativitasnya yakni bagaimana kegiatan tersebut dilakukan. Penilaiannya dari BNN Kota Kediri mengenai kelayakan sebagai Kelurahan Bersinar, tentu juga mengenai komitmen Satgasnya," kata Zainudin.

Terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelurahan Bersinar, Zainudin menuturkan bahwa dari masing-masing kelurahan rutin mengadakan kegiatan kemasyarakatan berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan narkoba.

"Kegiatannya terdiri dari sosialisasi kepada masyarakat dengan berbagai macam aksi, seperti seminar, ada yang membuat kegiatan seni dan kreatif. Karena di dalam Satgas mayoritas anak-anak muda maka kegiatannya juga penuh kreativitas," ujar Zainudin.

Pihaknya menargetkan setiap tahun akan meresmikan minimal tiga Kelurahan Bersinar. Dengan itu, akan semakin banyak kelurahan yang ikut berkomitmen langsung memerangi penyalahgunaan narkoba.

"Sejauh ini yang belum masuk kelurahan Bersinar di wilayah Kecamatan Pesantren, semoga tahun depan dari Kecamatan Pesantren ada yang masuk Kelurahan Bersinar," kata dia.

Kepala BNN Kota Kediri AKBP Bunawar mengatakan dengan adanya Kelurahan Bersinar diharapkan dapat memberantas kasus-kasus penyalahagunaan narkoba di daerah.

"Dengan adanya komitmen masyarakat dan pemerintah melalui Kelurahan Bersinar, bisa menciptakan daerah yang bersih dari narkoba," ujarnya.

Ia juga mengutarakan bahwa di setiap Kelurahan Bersinar telah dibentuk Satgas P4GN dan agen pemulihan.

Dalam kegiatan Pencanangan Kelurahan Bersinar ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kabag Kesra Pemkot Kediri dan Kepala BNN Kota Kediri, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video profil ketiga Kelurahan Bersinar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Pemkot Kediri Buat Kesepakatan Layanan Adminduk dan Kesehatan

Bupati Kediri Minta Dinkes Permudah Warga Mendapat Layanan Kesehatan

Pemkab Kediri Kirim Relawan Kesehatan ke Cianjur

Banteng Fondo Ride Gowes dari Kediri ke Makam Bung Karno di Blitar

Pemkot Kediri Minta Masyarakat tak Lengah Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark