Jumat 09 Dec 2022 15:59 WIB

Bank Jatim Jamin Permakanan Relawan dan Pengungsi Erupsi Semeru

Dukungan kebutuhan permakanan ini sampai kondisi benar-benar membaik.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Bank Jatim
Foto: Dadang Kurnia
Bank Jatim

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) siap menjamin kebutuhan makanan bagi para relawan dan pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Pimpinan Bank Jatim Cabang Lumajang, Hanif Julhansyah menyatakan, pihaknya siap mendukung kebutuhan permakanan para relawan dan pengungsi sampai kondisi benar-benar membaik.

"Kami akan support makanan siap makan berupa nasi kotak selama beberapa hari ke depan untuk para pengungsi dan relawan. Ini akan kami sesuaikan dengan kebutuhan selama masa tanggap darurat," kata Hanif, Jumat (9/12/2022).

Diakui, bantuan yang diberikan Bank Jatim sebenarnya tidak hanya permakanan saja. Pihaknya bahkan langsung merespons ketika hari pertama Gunung Semeru mengalami erupsi pada 4 Desember 2023. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang dan mendirikan tenda darurat di pengungsian.

"Begitu kami dapat informasi adanya erupsi, kami langsung bergerak dengan menyediakan tenda untuk posko darurat. Termasuk makanan siap konsumsi untuk masyarakat terdampak erupsi," ujarnya.

 

Seperti diketahui, Gunung Semeru kembali erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2022. Letusan menyebabkan guguran lava dan awan panas yang melanda sejumlah daerah di sekitarnya.

Menghindari dampak yang lebih buruk, masyarakat diminta mengungsi ke tempat yang lebih aman. BNPB melaporkan ada sebanyak 1.979 jiwa yang mengungsi di 11 titik, dampak erupsi Gunung Semeru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement