Jumat 09 Dec 2022 16:29 WIB

Perkara Pembongkaran Stadion Kanjuruhan Naik Tahap Penyidikan

Sampai saat ini sudah 11 orang saksi diperiksa.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Stadion Kanjuruhan, Malang
Foto: VOA/AFP
Stadion Kanjuruhan, Malang

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Malang telah menaikkan status perkara pembongkaran Stadion Kanjuruhan ke tahap penyidikan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kasatreskrim Polres Malang Iptu Wahyu Rizki Saputro.

"Ini berdasarkan hasil rekomendasi gelar perkara yang dilakukan penyidik pada 6 Desember 2022," katanya.

Sebelumnya, telah terjadi pembongkaran aset Stadion Kanjuruhan oleh sejumlah orang pada 28 November lalu. Pagar pembatas antara tribun dengan lapangan dirobohkan menggunakan peralatan las.

Kemudian dua area blok paving di dekat pintu evakuasi juga dibongkar. Menurut Wahyu, sampai saat ini sudah 11 orang saksi diperiksa.

Saksi terakhir adalah H selaku penanggung jawab kegiatan pembongkaran. Yang bersangkutan telah diperiksa aparat pada Kamis (28/12/2022).

Adapun untuk motif pembongkaran, kata dia, sampai saat ini masih terus didalami. Hal yang pasti, H termasuk orang sipil bukan dari instansi manapun.

Wahyu menambahkan, penyidik sudah melakukan olah TKP dan memasang garis polisi di lokasi. Sejumlah barang bukti juga telah diamankan dari tempat kejadian.

Beberapa di antaranya seperti tabung gas, perlengkapan las, helm proyek, potongan besi, hingga gembok pintu yang ditemukan dalam kondisi terpotong pengaitnya.

Selanjutnya, aparat juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap pekerja yang melakukan kegiatan pembongkaran. Namun ada enam pekerja lain yang mangkir dari panggilan penyidik.

Jika tidak diindahkan lagi, maka sesuai undang-undang penyidik bisa melakukan pemanggilan ketiga dengan disertai surat perintah membawa.

Menurut Wahyu, para pelaku jika terbukti melakukan pelanggaran akan dikenakan pasal 170 KUHP dan atau pasal 406 KUHP. "Yaitu secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap barang atau perusakan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement