Jumat 23 Dec 2022 16:39 WIB

Pemkab Belitung Kirim Dua Putra Daerah Kuliah di UMP

Ini adalah upaya baik dari UMP untuk mengembangkan kerja sama afirmasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Kampus UMP.
Foto: Dokumen
Kampus UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Bangka Belitung mempercayakan dua putra daerahnya untuk kuliah dengan beasiswa penuh pemkab di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

"Pemkab Belitung di tahap awal mengirim calon putra daerah menjadi mahasiswa FK UMP dengan beasiswa penuh sejak tahap akadmik hingga profesi dokter," kata Rektor UMP Assoc Prof Jebul Suroso melalui pesan Whatsapp, Kamis (22/12/2022).

Hal itu dituangkan dalam perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Belitung dengan UMP tentang penyelenggaraan beasiswa utusan daerah program S1/Diploma 4 Nomor: 01/KS/UMP/SETDA/2022 dan Nomor : C7.III/-SPj/UMP/VI/2022 dengan nilai anggaran sebanyak 1.711.640.000.

Rektor UMP bersama dengan Kepala Sekretariat Rektor, Kepala Biro Publikasi Admisisi, Kepala Penerimaan dan Publikasi, berkunjung ke Bangka Belitung dalam rangka MoU dan juga Perjanjian Kerjasama Operasional untuk pengiriman mahasiswa asal Bangka Belitung untuk studi lanjut di Fakultas Kedokteran UMP.

"Ini adalah skema afirmasi yang dilakukan oleh UMP, pada prosesnya bukan hanya mahasiswa FK yang nantinya akan diupayakan mendaftar di UMP, tetapi juga mahasiswa dari program studi lainnya. Khusus mahasiswa Kedokteran mendapatkan beasiswa full dari pemerintah Kabupaten,” jelasnya.

Menurutnya, ini adalah upaya baik dari UMP untuk mengembangkan kerja sama afirmasi terkait dengan program studi, program studi unggulan yang ada di UMP. Harapannya seluruh Kabupaten atau sebagian besar Kabupaten di seluruh Indonesia nanti bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP, Yudha Febrianta, menambahkan proses pendaftaran mahasiswa Fakultas Kedokteran dua orang mahasiswa, dilaksanakan Gelombang I Tahun Akademik 2023-2024.

“Proses publikasi, pendaftaran dan seleksi Bersama, difasilitasi oleh Pemda Belitung sementara untuk kelas online Program pascasarjana dengan Pemda Belitung dan Pemda Bangka. Ada kerjasama pelatihan Bimtek Desa atau Bimtek DPR. Selain itu kerjasama pengembangan kampus Muhammadiyah di Belitung,” tuturnya.

Dijelaskan, output dari kegiatan itu diantaranya MoU yang telah ditandatangani antara Pemerintah Daerah Belitung dan UMP. Rencana draf dan pembahasan MoU antara Pemerintah Daerah Bangka dan UMP.

“Pembicaraan dan kesempatan yang dituangkan dalam draf Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah daerah Belitung dan UMP. Dua orang mahasiswa pendaftar fakultas kedokteran UMP dengan beasiswa Pemerintah Kabupaten Belitung," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement