Rabu 11 Jan 2023 16:41 WIB

Legislator Kulonprogo Minta DPU DIY Perbaiki Ruas Brosot-Ngelo

Ponimin berharap ada pengendalian tonase kendaraan pengangkut tambang pasir.

Jalan rusak (Ilustrasi)
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Jalan rusak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ponimin Budi Hartono meminta Dinas Pekerjaan Umum Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral provinsi memperbaiki jalan provinsi ruas Brosot-Ngeloyang rusak parah.

Ponimin Budi Hartono mengatakan sepanjang jalan provinsi ruas Brosot-Ngelo ada beberapa titik rusak parah yang membahayakan pengguna kendaraan karena jalan bergelombang dan aspal mengelupas parah.

"Ruas Jalan Brosot-Ngelo merupakan kewenangan Pemda DIY. Kami berharap ada pemeliharaan rutin dan menjadi skala prioritas pada awal tahun ini," kata Ponimin, Rabu (11/1/2023).

Ia mengatakan ruas Brosot-Ngelo harus ditangani secara khusus, kalau tidak segera ditangani kondisi jalan akan semakin parah dan meluas. Begitu juga ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JLLS) dari Pleret sampai Karangwuni. Sepanjang jalan tersebut banyak berlubang sehingga membahayakan pengguna jalan.

"Volume kendaraan di ruas jalan tersebut sangat tinggi, ditambah muatan kendaraan pengangkut melebihi tonase," katanya.

Lebih lanjut, Ponimin berharap ada pengendalian tonase kendaraan pengangkut tambang pasir. Hal ini supaya tidak memperparah kerusakan kondisi jalan.

"Kami minta Dishub mengawasi tonase kendaraan pengangkut tambang pasir di jalan-jalan kabupaten dan provinsi, supaya ruas jalan yang ada di Kulonprogo tidak semakin parah," katanya.

Salah seorang warga Dusun Disil, Kalurahan Salamrejo, Ririn mengatakan Jalan Brosot-Ngelo rusak bahkan rawan kecelakaan terutama bagi pengemudi sepeda motor. Ia berharap pemerintah memikirkan agar jalan tersebut tidak sering rusak.

"Sudah beberapa tahun ini, kondisi jalan rusak parah. Namun tidak ada upaya perbaikan. Kami berharap kepada pemkab segera ada tindak lanjut," katanya.

Sebelumnya, Kasi Pemeliharaan Jalan Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP ESDM) DIY, Wira Sasongko Putro tidak menampik sepanjang jalan Brosot-Ngelo. Pihaknya mengaku sudah berkali-kali melakukan perbaikan dengan cara tambal sulam. "Tapi rusak terus karena menjadi perlintasan kendaraan truk pengangkut pasir, apalagi pasir basah itu menambah percepatan kerusakan jalan," kata Wira.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement