Senin 16 Jan 2023 10:57 WIB

Archery Club JF UMM Jadi Wadah Berdakwah Melalui Olahraga

Antusiasme anggota dan khayalak umum juga tinggi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jamaah AR Fachrudin (JF) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah membentuk Archery Club sejak Oktober 2021.
Foto: Dok Humas UMM
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jamaah AR Fachrudin (JF) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah membentuk Archery Club sejak Oktober 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG --Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jama’ah AR Fachrudin (JF) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah membentuk Archery Club sejak Oktober 2021. Klub ini menjadi wadah berdakwah melalui olahraga memanah.

Koordinator klub, Anggi Ariansyah, mengatakan, klub memanah ini ada di bawah naungan Divisi Olahraga Bidang Minat dan Bakat, JF UMM. Selain untuk melaksanakan sunah Rasulullah, memanah juga dinilai dapat melatih fokus pengelihatan. "Dalam memanah, fokus yang dilatih dirasa mampu dapat mengendalikan emosi dalam tubuh," kata Anggi.

Menurut Anggi, klub ini dibuka untuk umum sehingga siapapun yang berminat bisa ikut berlatih. Klub ini biasanya melaksanakan kegiatan rutinnya setiap satu kali dalam dua pekan.

Selanjutnya, klub akan lebih sering mengadakan kegiatan dengan memperhatikan situasi. Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) UMM ini menambahkan, klub memanah tersebut menjadi upaya JF untuk memperlebar sayap dakwah.

Menurutnya, dakwah bisa dilakukan lewat berbagai cara apalagi di tengah zaman yang terus berubah. Bukan hanya fokus di wadah digital dan media sosial, mereka juga mencoba menarik minat mahasiswa dan masyarakat umum dengan kegiatan menarik seperti memanah.

Ditegaskan, agenda ini didukung penuh oleh kampus dengan menyediakan sederet busur dan alat panah. Dengan begitu, mereka yang memiliki potensi bisa berlatih termasuk untuk yang sekadar ingin mencoba.

Antusiasme anggota dan khayalak umum juga tinggi. "Meski begitu, saya dan tim ingin agar alat-alat yang dimiliki bisa bertambah dan menarik banyak mahasiswa untuk mencoba," jelasnya.

Dengan alat-alat yang lebih profesional, Anggi juga ingin melahirkan atlet yang bisa mengharumkan nama kampus di berbagai kejuaraan. Selain untuk dakwah, latihan ini juga mencoba melatih fokus serta meraih prestasi di lomba-lomba yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement