Almarhum Dubes RI untuk Italia Dimakamkan di Makam Keluarga di Bantul

Red: Fernan Rahadi

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto melepas jenazah M Prakosa di rumah duka, Bantul, Yogyakarta, Selasa (24/1/2023).
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto melepas jenazah M Prakosa di rumah duka, Bantul, Yogyakarta, Selasa (24/1/2023). | Foto: Dok PDIP

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Almarhum Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Italia Muhammad Prakosa dimakamkan di makam keluarga di wilayah pedukuhan Gresik, Kelurahan Sumbermulyo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Dimakamkan di makam keluarga di belakang rumah. Berdampingan dengan bapak ibunya," kata sepupu almarhum Prakosa, Muhammad Iwan Nursasongko ditemui di rumah duka Pendopo Prakosan Gresik, Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Selasa (24/1/2023).

Dia menjelaskan prosesi pemakaman almarhum Dubes Prakosa yang diawali dengan sambutan keluarga dan pejabat berwenang dimulai pukul 12.30 WIB, dengan dihadiri keluarga besar beserta kerabatnya, serta sejumlah petinggi dan pejabat di pemerintahan.

"Jam setengah satu (12.30 WIB) dan selesai jam dua (14.00 WIB), mudah-mudahan selesai. Melibatkan teman teman dari SAR dan Satgas PDI Perjuangan ikut membantu," katanya.

Dia mengatakan sebelum dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (17/1/2023) di Roma, Italia, waktu setempat, almarhum sempat mengalami keluhan pada kesehatan, namun keluarga tidak menjelaskan keluhan tersebut.

"Berangkat (ke Italia) itu masih segar semua, pas satu tahun ini, Januari. Memang beliau ada keluhan, pas di sana (Italia) itu ya," katanya.

Menurut dia, sebagai orang yang paling tua di keluarga, almarhum Prakosa merupakan seorang yang selalu dapat mengayomi kerabat di lingkungan keluarga, dan mempunyai jiwa sosial di masyarakat sekitar.

"Beliau itu sangat baik untuk keluarga, bisa ngayomi, khususnya di trah (keluarga) bisa ngayomi semuanya. Di keluarga itu banyak sumbangsih untuk keluarga dan warga Gresik sini. Di silsilah keluarga termasuk yang tertua, bisa ngayomi adik-adiknya," katanya.

Menurut dia, keluarga di Kabupaten Bantul selalu berkomunikasi dengan beliau sewaktu bertugas sebagai Dubes di Italia, sehingga dengan wafatnya Prakosa, keluarga besar merasa sangat kehilangan.

 

Terkait


Ikatan Kuat Megawati dan Prakosa, Sesama Pencinta Bumi dan Lingkungan

PDIP Beri Penghormatan Terakhir untuk M Prakosa

PDIP Kenang Prakosa Sosok Sederhana, Pendiam, Tetapi Bernas Saat Berpendapat

Pemakaman M Prakosa, PDIP Beri Penghormatan Terakhir

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark