Cegah Tengkulak, DIY Siapkan Tempat Pelelangan Ikan Berbasis Digital

Red: Yusuf Assidiq

Petugas mengumpulkan ikan untuk dilelang di tempat pelelangan ikan (ilustrasi)
Petugas mengumpulkan ikan untuk dilelang di tempat pelelangan ikan (ilustrasi) | Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan tempat pelelangan ikan (TPI) berbasis digital untuk melindungi para nelayan di provinsi ini agar harga jual ikan tangkapan mereka tidak dipermainkan tengkulak.

"Kami kembangkan TPI berbasis digital supaya penawar harga bisa dari luar daerah dan bersaing harganya, tidak dikuasai tengkulak," kata Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (24/1/2023).

Selama penjualan langsung ke tengkulak melalui TPI yang tersedia,  harga jual ikan tangkap para nelayan menjadi sangat rendah karena mereka tidak memiliki patokan harga sendiri. "Apalagi pas panen besar tengkulak lebih seenaknya untuk membayar," kata dia.

Karena itu, melalui loka pasar yang akan disiapkan Pemda DIY bersama Bank Indonesia (BI), Aji berharap dapat meningkatkan pendapatan para nelayan sehingga tingkat kemiskinan di kawasan selatan DIY dapat ditekan.

Selain mendukung sarana pemasaran berbasis digital, menurut Aji, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY selama ini telah mengembangkan diversifikasi pengolahan hasil tangkapan ikan.

Kepala DKP DIY, Bayu Mukti Sasongka menuturkan, selain memiliki daya tawar, TPI berbasis digital akan membuat nelayan bisa lebih cepat menjual hasil tangkapannya.

Melalui sarana itu, para nelayan diharapkan mengetahui perkembangan serta perbandingan harga jual ikan laut di berbagai daerah.

Menurut Bayu, awal uji coba TPI berbasis digital yang dirancang laiknya loka pasar akan menyasar para nelayan yang biasanya menjual hasil tangkapan di Pelabuhan Sadeng, Gunungkidul.

"Selama ini di pantai selatan DIY ada sebanyak 16 TPI. Tetapi kami akan uji coba kami untuk nelayan di Pelabuhan Sadeng dulu," ujar dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Nelayan tak Melaut, Harga Ikan Naik  

Bummas Jauzul Hind Binaan Rumah Zakat Tingkatkan Pemasaran

Perikanan Tangkap Indramayu Sumbang 40 Persen Produksi Jabar

Fasilitas TPI Minim, Nelayan Bongkar Ikan di Luar Indramayu

Tempat Pelelangan Ikan akan Dibuka di Labuan Bajo

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark