Lewat Sigaokmas dan Running Text, Harga Kepokmas di Purwokerto Dapat Terpantau

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono meresmikan running text 13 titik pasar dan publikasi aplikasi Sigaokmas (Sistem Informasi Harga Pokok Banyumas) di Pasar Manis pada Selasa (24/1/23) malam.
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono meresmikan running text 13 titik pasar dan publikasi aplikasi Sigaokmas (Sistem Informasi Harga Pokok Banyumas) di Pasar Manis pada Selasa (24/1/23) malam. | Foto: Dok. Pemkab Banyumas

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS - Pemkab Banyumas meresmikan running text 13 titik pasar dan publikasi aplikasi Sigaokmas (Sistem Informasi Harga Pokok Banyumas) di Pasar Manis.  Adanya aplikasi ini merupakan satu upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada konsumen dalam berbelanja.

Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi Bunda UMKM Banyumas, Erna Sulistyawati Husein, dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Banyumas, Nuraeni Sadewo.

Kepala Dinperindag Banyumas, Titik Puji Astuti menjelaskan, adanya aplikasi Sigaokmas yang bekerja sama dengan Dinkominfo ini merupakan salah satu upaya pemkab memberikan perlindungan kepada konsumen dalam berbelanja, memberikan informasi harga secara real time, serta sebagai alat pendeteksi dini untuk pemkab membuat kebijakan bila terjadi fluktuasi harga di pasar rakyat.

"Sementara untuk running text sudah terpasang di Pasar Banyumas, Sokaraja, Manis, Larangan, Kemukusan, Jatilawang, Sangkalputung, Tambak, Pahing, Ajibarang, Wage, Pon, dan Pasar Proliman," jelas Kepala Dinperindag Banyumas, Titik Puji Astuti, Rabu (25/1/2023).

Sementara itu, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono merasa senang dengan adanya running text di 13 titik pasar karena dapat membantu menyajikan data yang membantu masyarakat dalam memperoleh harga terbaru komoditas yang dibutuhkan.

"Tapi di dalamnya, tidak terpatok dari harga yang tertera di running text. Jadi tetap ada proses tawar menawar seperti pasar tradisional pada umumnya," ujar Sadewo.

 

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark