Rekrutmen Petugas Haji Jatim Diikuti 1.179 Peserta.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.
Petugas haji Indonesia - Ilustrasi. | Foto: Republika/Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim, Abdul Haris mengungkapkan, ada sebanyak 1.179 peserta yang mengikuti rekrutmen petugas haji se-Jawa Timur dan mengikuti Computer Assesment Test pada Rabu (25/1/2023). Pelaksanaan tes dilaksanakan di kantor Kemenag kabupaten/kota setempat ataupun tempat yang ditunjuk secara serentak.

Abdul Haris menjelaskan, dari 1.179 peserta rekrutmen di Jatim, 382 peserta di antaranya mendaftar pada formasi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI). Kemudian 297 peserta mendaftar pada formasi TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia), 310 peserta formasi akomodasi, dan 33 peserta formasi transportasi.

"Ada juga 138 peserta formasi konsumsi, 16 peserta formasi Bimbad, dan 3 peserta formasi Siskohat," ujarnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Husnul Maram berharap, pelaksanaan CAT dapat menghasilkan petugas haji yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu Allah. Ia pun meminta calon petugas haji, ketika lolos agar melayani jamaah haji dengan sepenuh hati dan jiwa.

"Niatkan membantu jamaah agar ibadah hajinya sempurna. Keluarkan semua tenaga dan pikiran kita agar jamaah kita menjadi haji mabrur," kata Husnul.

Husnul melanjutkan, CAT yang digelar merupakan tes tahap pertama. Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti CAT dan praktik pada seleksi di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi. Ia mengatakan, penggunaan CAT merupakan bagian dari proses transformasi digital di Kementerian Agama.

"Dari tahapan seleksi ini, diharapkan berlangsung lebih sportif dan kompetitif sehingga memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


474 Orang Daftarkan Diri Sebagai Petugas Haji Sumbar 2023

Pendaftaran petugas haji diperpanjang hingga 20 Januari 2023

Rekrutmen Calon Petugas Haji di Sulut Diikuti 15 Peserta

IPHI Minta Kemenag Selektif Memilih Petugas Haji

Kemenag Segera Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark