Jumat 27 Jan 2023 19:08 WIB

Gelar Konser Musik Pertama di Pelabuhan, Yogyakarta Royal Orchestra Bakal Cetak Rekor 

Konser YRO tersebut akan dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Orkestra (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Orkestra (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) akan tampil dalam acara Maritime Awards yang akan digelar pada Jumat (10/2/2023) mendatang. Konser YRO tersebut akan dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai konser musik pertama di Indonesia yang digelar di pelabuhan. 

"Pemilihan Sunda Kelapa sebagai tempat perhelatan Maritime Awards karena pelabuhan menjadi infrastruktur strategis yang mendukung kegiatan ekonomi dan mobilitas penduduk,dari era kerajaan hingga saat ini. Salah satu pelabuhan bersejarah di Indonesia adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan pelabuhan tertua di Indonesia yang menyimpan sejarah panjang dari perjalanan Ibu Kota Jakarta serta bangsa Indonesia," kata Ketua Pelaksana Maritime Awards sekaligus Ketua Yayasan Biijana Paksi Sitengsu Fajar Bagoes Poetranto dalam keterangan persnya, Jumat (27/1/2023). 

Sementara bagi tim YRO, rencananya konser di Pelabuhan Sunda Kelapa tersebut merupakan pengalaman bermusik yang menantang dari sisi teknis. Salah satu perwakilan tim YRO, Talcha Sultanik, mengatakan berbagai persiapan dilakukan untuk mengantisipasi kesalahan teknis saat tampil nantinya.

"Persiapannya memang cukup menantang dan membutuhkan detail yang tinggi. Karena kami dari tim YRO harus menyesuaikan berbagai backup plan dalam teknis pertunjukan," ucap Talcha. 

 

Pihak YRO juga telah melakukan survei lokasi dan tempat bersama Yayasan Biijana Paksi Sitengsu sebagai tim penyelenggara agar lebih jelas. Perbedaan jarak Yogyakarta-Jakarta membuat mereka harus membangun komunikasi secara baik. "Apalagi di acara ini juga akan dihadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X," ujarnya. 

Ia juga menyebut, tantangan bermain di pinggir laut memang cukup banyak risiko. Salah satu tantangannya yaitu arah tiupan angin di pinggir pantai yang dinilai akan mempengaruhi pertunjukan orkestra.

Dalam konser di acara Maritime Awards, YRO rencananya akan membawakan tujuh buah lagu yaitu Nenek Moyangku Seorang Pelaut, Simfoni Raya Indonesia, Lir-ilir, Yen ing Tawang Ono Lintang, Berkibarlah Bendera Negeriku, Rayuan Pulau Kelapa, dan Indonesia Jaya.

Rencananya, YRO juga akan berkolaborasi dengan salah satu penyanyi papan atas Indonesia, Dira Sugandi. Dira pernah tampil di Closing Ceremony Asian Games 2018 silam. Dalam perhelatan akbar tersebut, Dira tampil menyanyikan "Unbeatable" secara duet bersama JFlow.

Untuk informasi, YRO diresmikan oleh Sri Sultan HB X pada 21 Juni 2021 lalu. YRO di bawah lembaga Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa pimpinan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement