Ahad 29 Jan 2023 13:29 WIB

Polisi Komentari Isu Penculikan Anak di Desa Tajug Karangmoncol Purbalingga

Bhabinkamtibmas Polsek Karangmoncol di Desa Tajug telah melakukan pengecekan langsung

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Penculikan anak
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Penculikan anak

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Informasi tentang upaya penculikan anak sekolah dasar (SD) di Desa Tajug, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga beredar di media sosial Facebook. Informasi tersebut diunggah di grup Facebook Sumur Gowok Sawangan, Sabtu (28/1/2023) siang.

Unggahan tersebut berisikan informasi adanya upaya penculikan siswa SD Negeri 1 Tajug oleh seorang pria tidak dikenal. Modusnya disampaikan bahwa pelaku membawa mobil dan menawari permen kepada siswa.

Unggahan tersebut menjadi ramai dan dikomentari banyak warganet. Sejumlah warganet juga ikut membagikan kembali informasi tersebut ke beberapa grup Facebook. Informasi tersebut menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

Kapolsek Karangmoncol Iptu Amirudin saat dikonfirmasi memastikan informasi tentang upaya penculikan anak di Desa Tajug tidak benar atau hoaks. Hal tersebut setelah dilakukan pengecekan langsung oleh Bhabinkamtibmas Polsek Karangmoncol di Desa Tajug.

 

"Bhabinkamtibmas telah menggali informasi dan meminta keterangan sejumlah warga di Desa Tajug. Hasilnya tidak benar informasi yang beredar bahwa ada upaya penculikan anak di Desa Tajug," jelas Kapolsek, Ahad (29/1/2023).

Kapolsek menjelaskan hasil pengecekan di lapangan, diperoleh keterangan  bahwa memang ada siswa SD yang saat itu ditawari permen, tetapi belum bisa dipastikan yang menawari itu adalah penculik.

Sedangkan mobil yang ada di lokasi seperti dalam unggahan, merupakan mobil milik warga yang dikenali dan diketahui identitasnya.

"Dari keterangan saksi warga desa setempat dan siswa SD yang ditawari permen, belum ada indikasi upaya penculikan anak di lokasi tersebut seperti informasi di media sosial," kata Kapolsek.

Lebih lanjut disampaikan bahwa di dekat lokasi yaitu jalan depan sekolah saat kejadian anak ditawari permen, situasi dalam keadaan ramai aktivitas warga. Kecil kemungkinan upaya penculikan terjadi seperti yang diinformasikan di media sosial Facebook.

Kapolsek berpesan, walaupun berita di medsos terkait isu penculikan anak di Desa Tajug tidak benar. Namun masyarakat harus tetap waspada dan selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya. Hal itu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya di medis sosial. Hal itu agar tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement