Selasa 31 Jan 2023 09:33 WIB

Tangani Banjir Sidoarjo, BPBD Jatim Kirim Bantuan Pompa Air

Aksi penguraian genangan dilakukan dengan cara menyedot air.

Warga mendorong sepedanya saat menerobos banjir di kawasan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Warga mendorong sepedanya saat menerobos banjir di kawasan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- BPBD Jatim mengirimkan pompa air di sejumlah titik banjir di Kabupaten Sidoarjo sebagai bentuk respons cepat imbauan kewaspadaan Gubernur Khofifah Indar Parawansa terkait cuaca ekstrem dan angin kencang.

 

Kepala Pelaksana BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan dalam dua hari ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jatim langsung terjun ke sejumlah lokasi untuk mengurai genangan air dan banjir yang terjadi di Sidoarjo.

 

 

"Salah satunya, di area Aloha Gedangan Sidoarjo, SDN Kureksari Waru, dan di lingkungan SDN Banjarsari, Desa Banjarsari Kecamatan Tanggulangin," ujarnya.

 

Di area Aloha, kata dia, aksi penguraian genangan dilakukan dengan cara menyedot air dan membuatkan saluran pembuangan dengan pompa air. "Begitu pula dengan di lingkungan SDN Kureksari Waru dan SDN Banjarsari Tanggulangin," kata dia.

 

Khusus di lingkungan SDN Banjarsari, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto turun langsung ke lokasi banjir dengan didampingi Kalaksa BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwidjo Prawito dan Camat Tanggulangin, Sabino Mariano.

 

Selain ke SDN Banjarsari, dirinya juga meninjau kondisi banjir di lokasi SDN Kedungbanteng, Tanggulangin. "Kunjungan yang dilakukan kali ini untuk membantu melakukan penanganan banjir di SDN Banjarsari," jelasnya.

 

Ia mengaku prihatin karena akibat hujan deras sejak akhir pekan lalu, belajar mengajar di SDN Banjarsari terganggu. Karena itu, BPBD Jatim mencoba membantu dengan melakukan penyedotan air yang ketinggiannya saat ini mencapai sekitar 25 centimeter.

 

"Semoga cuaca hari ini cerah, tidak hujan. Sehingga genangan air bisa surut. Kasihan jika proses belajar mengajar harus berhenti akibat banjir," ujar dia.

 

Tidak hanya dengan mengerahkan pompa air, BPBD Jatim, lanjut Gatot juga akan memberikan bantuan sepatu boots kepada siswa dan guru jika air tak juga surut.

 

Saat ini, lanjut dia, di SDN Banjarsari terdapat sekitar 96 siswa dan 11 guru yang masih aktif melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah ini.

 

"Kebetulan juga saat ini ada kunjungan dari anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo. Semoga kolaborasi kita bisa mempercepat penanganan banjir di sini," katanya.

 

Sementara, Camat Tanggulangin Sabino Mariano menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan BPBD Jatim.

 

Ia mengatakan, sebetulnya sejak 2022, Pemkab Sidoarjo telah membangun enam rumah pompa yang tersebar di Kedungbanteng dan Banjarsari. Namun karena curah hujan sejak awal Januari lalu cukup tinggi, akhirnya terjadi genangan.

 

"Saat ini, enam pompa tersebut terus berjalan. Dengan adanya bantuan dari BPBD Jatim, semoga terjadi percepatan. Semoga juga curah hujan tidak terlalu tinggi, sehingga airnya bisa surut," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement