DIY Bakal Evaluasi PTM karena Ada Penularan di Sekolah

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Andi Nur Aminah

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. | Foto: Dok Pemprov DIY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyebut akan mengevaluasi penerapan pembelajaran tatap muka (PTM) di masa PPKM level 3. Pasalnya, terjadi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah yang sudah mulai uji coba PTM seperti yang terjadi di SD Negeri 1 Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

"Ya otomatis (akan dievaluasi)," kata Gubenur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (24/9).

Sultan menyebut, dimungkinkan akan dilakukan pemeriksaan terhadap siswa dan tenaga kependidikan di SD tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penularan Covid-19 yang semakin meluas mengingat penambahan kasus harian di DIY sudah mulai menunjukkan penurunan. "Mungkin dua atau tiga kali untuk percobaan ini di swab, kita lihat nanti perkembangannya. Jangan sampai terjadi klaster-klaster yang merugikan," ujar Sultan.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur DIY Nomor 420/19096 tentang Kebijakan Pendidikan pada Masa PPKM Level 3 untuk Pengendalian Covid-19 di Lingkungan Pendidikan di DIY, disebutkan bahwa uji coba PTM sudah dapat dilakukan di DIY. Dalam SE itu, Sultan menegaskan bahwa sekolah yang bisa melakukan uji coba PTM hanya yang sudah memenuhi syarat.

Baca Juga

Syarat yang ditetapkan yakni warga sekolah setidaknya sudah divaksin sebesar 80 persen, baik itu murid maupun tenaga kependidikan dan staf sekolah. Untuk uji coba PTM sendiri, kata Sultan, juga harus dilakukan dengan terbatas.

"Dilakukan dengan memadukan pembelajaran online dan offline (blended learning) dengan tetap memprioritaskan keselamatan dan kesehatan siswa serta warga sekolah," jelas Sultan.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ramai Kluster PTM, Kemenag Yakinkan Madrasah Aman

Kemendikbud Klarifikasi Data Klaster Covid-19 di Sekolah

Kota Malang Waspadai Penularan Covid-19 di Sekolah

Nihil Covid-19, PTM SMA di Tangerang dan Tangsel Dilanjutkan

Bupati DRA Imbau Jaga Prokes Meski Muba Zero Kluster PTM

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark