PKK Jateng Soroti Upaya Penurunan Stunting pada Rakerda

Red: Muhammad Fakhruddin

PKK Jateng Soroti Upaya Penurunan Stunting pada Rakerda (ilustrasi).
PKK Jateng Soroti Upaya Penurunan Stunting pada Rakerda (ilustrasi). | Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jawa Tengah menyoroti upaya penurunan angka stuntingsebagai salah satu dari empat masalah, pada pelaksanaan Rapat Kerja Daerah PKK Jateng 2021.

"Keempat hal itu adalah peningkatan angka kematian ibu (AKI) hamil dan melahirkan, penanganan COVID-19, penurunan angka stunting, serta penguatan ekonomi masyarakat," kata Ketua Tim Penggerak PKK Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo di Semarang, Kamis.

Ia mengungkapkan selama pandemi COVID-19, ada kecenderungan peningkatan AKI, dari 76,93 per 100.000 kelahiran hidup atau 417 kasus kematian pada 2019, menjadi 98,60 per 100.000 kelahiran hidup atau 530 kasus kematian pada 2020.

Menurut dia, jumlah tersebut masih jauh di bawah angka nasional, namun AKI tetap harus dicegah karena tidak ada alasan seorang wanita meregang nyawa untuk melahirkan sebab ada cara untuk menekan angka kematian ibu.

Baca Juga

"Kebanyakan dari mereka, khususnya ibu hamil, tertular COVID-19 sebelum akhirnya meninggal sehingga saya menyambut baik saat ibu hamil bisa mendapatkan vaksin COVID-19 karena dengan begitu diharapkan dapat menekan kematian pada ibu hamil," ujarnya.

Dirinya menyadari jika hal tersebut membutuhkan sosialisasi, termasuk dari PKK agar ibu hamil tidak takut divaksinasi COVID-19.

Atikoh mengapresiasi kader PKK Jateng yang terus berkontribusi selama pandemi COVID-19 seperti menjadi bagian dari Program "Jogo Tonggo".

"Di tengah keterbatasan tatap muka, mereka juga terus melakukan upaya penguatan ekonomi masyarakat, termasuk pemberdayaan pekarangan, memantau tumbuh kembang bayi untuk pencegahan stunting, menyosialisasikan disiplin protokol kesehatan hingga menjaga kesehatan mental," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Cegah Stunting, Persiapkan Dirimu Sebelum Menikah

Kampung KB di Yogyakarta Diharapkan Cegah Stunting

Pemkot Surabaya Targetkan Nol Balita Stunting dalam Tiga Bulan

Pemkot Surabaya Targetkan Nol Balita Stunting dalam 3 Bulan

BKKBN: Penanganan Stunting Perlu Kerja Sama Lintas Lembaga

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark