Predikat Kota Tertoleran Lepas, Ini Komentar Wali Kota Salatiga

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Predikat Kota Tertoleran Lepas, Ini Komentar Wali Kota Salatiga (ilustrasi).
Predikat Kota Tertoleran Lepas, Ini Komentar Wali Kota Salatiga (ilustrasi). | Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID,SALATIGA -- Wali Kota Salatiga, H Yuliyanto mengaku tetap bersyukur kendati predikat kota tertoleran di Indonesia ‘lepas’. Salatiga, kini berada di peringkat ke-tiga setelah kota Singkawang dan Manado.

Berdasar laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2021 terbaru yang dirilis oleh Setara Institute, predikat kota tertoleran di Indonesia kini menjadi ‘milik’ Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

“Namun yang patut disyukuri, Salatiga masih berada di peringkat tiga besar,” ungkapnya, saat dikonfimasi di Salatiga,Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (4/4).   

Yuliyanto mengakui, Salatiga saat ini memang berada di peringkat ketiga dan itu menjadi bagian dari dinamika dalam rangka mempertahankan predikat sebagai kota dengan nilai toleransi yang baik.

Baca Juga

Untuk penilaian peringkat kota toleran –ukurannya-- sangat subyektif, sehingga sangat sulit untuk bisa diketahui secara pasti di mana letak kekurangannya.

Yang pasti, jelasnya, ada komponen indikator- indikator dan pembobotan penilaian sebagai kota toleran. Yakni rencana pembangunan bobotnya 10 persen, kebijakan diskriminatif (20 persen), peristiwa intoleransi (20 persen) dan dinamika masyarakat sipil (10 persen).

Selain itu juga pernyataan pejabat publik di pemerintah kota (10 persen), tindakan nyata pemerintah (15 persen), heterogenitas agama (5 persen) dan inklusi sosial keagamaan (10 persen).

“Semua berlangsung alamiah dan –tentu-- saya berterima kasih kepada segenap warga Salatiga yang sudah mau menjaga dan mengupayakan nilai- nilai toleransi tetap berjalan,” tambah Yuliyanto.

Maka, lanjutnya, yang lebih penting adalah terciptanya kerukunan dan toleransi masyarakat Salatiga dalam kehidupan sehari- hari.

Perbedaan yang ada bukan untuk dibeda- bedakan tapi dimaknai sebagai sebuah kekayaan yang dimiliki bangsa ini, saling menghargai dan menghormati.

“Demikian pula, kesadaran masyarakat untuk hidup rukun dan harmonis tetap dapat dijaga dan dirawat dengan baik di Salatiga,” tandasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan laporan Setara Institute peringkat pertama kota tertoleran di Indonesia than 2021 diberika kepada Singkawang yang memeroleh skor 6,48.

Berikutnya Manado dengan skor 6,400 dan melengkapi predikat tiga besar adalah Salatiga mendapat skor 6,367.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Langgar Jam Operasional, Pengelola Tempat Hiburan di Salatiga Ditegur

Wali Kota Salatiga Sebut Ada Kesalahan Input Data Pasien Omicron

Resmikan Gedung Pertemuan Petani, Ini Harapan Wali Kota Salatiga

Survei Elektabilitas Bikin Kaget Wali Kota Salatiga

Eri: Kader PDIP tidak Boleh Hanya Berteori

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark