BPBD Ingatkan Masyarakat Banjir Rob Masih Berpotensi Terjadi

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah pekerja pelabuhan menumpang truk untuk dapat menerobos banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). Sejumlah aktivitas pelabuhan maupun industri di kawasan tersebut masih lumpuh akibat peristiwa banjir rob sejak Senin (23/5) kemarin yang hingga pada Selasa (24/5) pukul 13:30 masih merendam beberapa titik kawasan pelabuhan dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai satu meter.
Sejumlah pekerja pelabuhan menumpang truk untuk dapat menerobos banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). Sejumlah aktivitas pelabuhan maupun industri di kawasan tersebut masih lumpuh akibat peristiwa banjir rob sejak Senin (23/5) kemarin yang hingga pada Selasa (24/5) pukul 13:30 masih merendam beberapa titik kawasan pelabuhan dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai satu meter. | Foto: ANTARA/Aji Styawan

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Dukung penanganan banjir rob di sejumlah wilayah di pesisir Jawa Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah tim ke daerah terdampak.

Tim BPBD Provinsi Jawa Tengah akan siaga di posko- posko penanganan hingga di dapur umum untuk memenuhi kebutuhan harian para pengungsi di bawah koordinasi BPBD masing- masing daerah.

“Untuk tahap awal, tim BPBD Provinsi Jawa Tengah diturunkan di wilayah terdampak di Kota Semarang dan kabupaten Demak,” ungkap Kabag Tata Usaha BPBD Provinsi Jawa Tengah, Safrudin di Semarang, Selasa (24/5/2022).

Masing- masing terdiri dari tim penanganan darurat dan evakuasi serta tim dapur umu (DU) ditambah tim Genset. Mulai Senin (23/5) malan, tim telah digerakkan ke daerah dengan sasaran wilayah terdampak.

Baca Juga

Nantinya, masih jelas Safrudin, tim BPBD Provinsi Jawa Tengah akan bekerja selama banjir rob masih terjadi. Sebab --berdasarkan informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, prakiraan pasang surut rob masih berpeluang terjadi dalam dua hari ini ke depan.

BPBD Provinsi Jawa Tengah juga mencatat, kawasan pesisir utara Jawa Tengah yang terdampak banjir rob meliputi Kota Tegal, Pekalongan, Pemalang, Batang, Semarang, Demak dan Kabupaten Pati.

Khusus banjir rob yang terjadi di wilayah pesisir Kota Semarang yang terdampak meliputi Tambaklorok, Bandarharjo, Trimulyo dan area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Berdasarkan prakiraan BMKG puncak genangan pasang dan rob dalam dua hari ke depan bakal berlangsung pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB dengan puncak tinggi genangan mencapai 1,1 meter,” lanjutnya.

Terkait dengan kondisi ini, BPBD Provinsi Jawa Tengah mengimbau agar aktivitas masyarakat di area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk sementara memilih berhenti produksi terlebih dahulu.

Beberapa manajemen/ pengelola perusahaan di kawasan berikat Lamicitra Tanjung Emas memilih untuk menyetop aktivitas produksinya.

Terlebih penanganan tanggul penahan air laut di dekat kawasan industry tersebut juga belum dapat optimal dilakukan, karena genangan masih berlangsung dan kemungkinan masih akan masuk melimpas kedaratan kembali.

“Soal tanggul jebol, BPBD Provinsi Jawa Tengah sudah koordinasi dengan PT Pelindo dan BBWS Pemali- Juwana. Namun hal itu belum dilakukan sekarang karena arus air juga masih cukup deras,” jelasnya.

Selain itu, warga yang permukimannya terendam banjir rob juga diimbau mengungsi di tempat yang telah disediakan di masing- masing daerah. “hal ini untuk keamanan masyarakat jika genangan pasang yang tinggi masih terjadi,” tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Jalan Akses ke Terminal Peti Kemas Semarang Terbatas Akibat Banjir Rob

Ribuan Warga Demak Mengungsi Akibat Terdampak Banjir ROB

BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob Hingga 25 Mei 2022

Senator DPD Abdul Kholik: Bencana Rob Jawa Tengah Utara Harus Ditangani Komprehensif

BMKG Ingatkan Banjir Rob Berpotensi Terjadi Hingga 25 Mei 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark