Selasa 12 Jul 2022 17:46 WIB

Vaksinasi Booster di Kabupaten Sleman Belum Mencapai Target

Masyarakat diharapkan mengikuti booster di sentra vaksin yang sudah dibuka.

Rep: c01/ Red: Muhammad Fakhruddin
Vaksinasi <em>Booster</em> di Kabupaten Sleman Belum Mencapai Target (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Vaksinasi Booster di Kabupaten Sleman Belum Mencapai Target (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pelaksanaan program vaksinasi booster di Kabupaten Sleman sampai saat ini belum mencapai target. Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan target vaksinasi booster dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Juli ini sebesar 50 persen juga belum tercapai.

“Vaksinasi booster di Kabupaten Sleman belum mencapai target. Demikian juga untuk kabupaten yang lain, target belum terpenuhi. Untuk di Kabupaten Sleman sendiri capaian vaksinasi booster berada di sekitar angka 38 persen,” kata Khamidah saat dihubungi, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga

Khamidah menjelaskan saat ini telah diterbitkan Surat Edaran Satgas Penanggulangan Covid-19 Nomor 21 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri. Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bagi para pelaku perjalanan yang sudah melakukan vaksinasi dosis ketiga, tidak lagi memerlukan tes antigen atau PCR apabila akan bepergian. Peraturan ini akan mulai diberlakukan pada, Senin 17 Juli 2022 untuk seluruh moda transportasi.

Menurut Khamidah, pihaknya terus memberikan motivasi dan pengertian kepada masyarakat untuk melakukan vaksin booster. Hal ini dilakukan bukan hanya sebagai syarat perjalanan tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Masyarakat diharapkan mengikuti booster di sentra vaksin yang sudah kami buka di Sleman City Hall setiap akhir pekan. Selain itu, masyarakat juga bisa memperoleh vaksin dosis tiga ini dengan mendatangi layanan reguler vaksinasi di Puskesmas, RSUD, RS Pemerintah, Klinik Polres, dan Klinik kodim,” jelas Khamidah.

Khamidah juga menjelaskan vaksinasi booster yang ada di Kabupaten Sleman tidak hanya diperuntukan bagi warga Sleman saja. Siapa pun yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia bisa mendapatkan layananan vaksinasi tidak hanya untuk booster tetapi juga vaksin untuk dosis pertama dan kedua. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement