Pemkab Samosir-UGM Inovasi Produk Kopi Samosir

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Samosir-UGM Inovasi Produk Kopi Samosir. (Ilustrasi Kampus UGM Yogyakarta).
Pemkab Samosir-UGM Inovasi Produk Kopi Samosir. (Ilustrasi Kampus UGM Yogyakarta). | Foto: Yusuf Assidiq

REPUBLIKA.CO.ID,PANGURURAN -- Pemerintah Kabupaten Samosir, SUmatera Utara menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada dalam hal inovasi produk kopi Samosir dan pengembangan sektor pariwisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengatakan, kerjasama dengan UGM merupakan kerjasama saling menguntungkan kedua belah pihak dan saling membantu di berbagai bidang, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan kajian-kajian ilmiah kedua belah pihak.

"Saya rasa menguntungkan kedua belah pihak, mahasiswa dapat mengapresiasikan diri, masyarakat Samosir mendapat ilmu pengetahuan dan ilmiah" katanya, Jumat (5/8/2022).

Dengan kerjasama dan KKN ini, Bupati Samosir menyakini akan dapat mempercepat perwujudan visi Kabupaten Samosir yakni terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi kesehatan dan pendidikan. Seiring dengan visi tersebut, Pemkab Samosir membuka jejaring luas kemitraan dengan pihak akademisi yang mempunyai dedikasi memberi perhatian dan kontribusi.

Baca Juga

"Kami juga mengajak masyarakat khususnya petani kopi untuk menerima inovasi baru dari mahasiswa dalam peningkatan kopi yang lebih baik serta bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Rektor Universitas Gadjah Mada, Ova Emilia, mengatakan, kolaborasi mahasiswa KKN dan Pemkab Samosir dalam inovasi kopi sangat membanggakan. Kopi Samosir yang ditanam di atas ketinggian 1430 MDPL, menjadi spesial, potensi yang perlu dimanfaatkan bersama.

"Untuk itulah perlu dirancang berbagai program, potensi agrowisata dan ekowisata, melalui pendidikan, kesehatan berbasis ekonomi kreatif," katanya.

Ia juga menyampaikan, mahasiswa UGM ingin mengoptimalkan beberapa hal dan membantu di daerah ini, dengan berkarya, mengabdi dan membagi ilmu yang sudah didapat.

Melalui KKN, mahasiswa UGM mampu belajar bersama masyarakat, memiliki etos kerja, disiplin, kemandirian, merakyat,memiliki jiwa kepemimpinan, empati dan kepedulian merespon kebutuhan masyarakat.

"UGM siap mendukung Samosir melalui tri darma perguruan tinggi. Mengembangkan Sumber Daya Manusia, teknologi, guna kesejahteraan masyarakat. Semoga kerjasama dan sinergi terus berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat Samosir," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


UGM Jatuhkan Sanksi pada Karna Wijaya Terkait Ujaran Kebencian

UGM Abadikan Nama Bapak Beton Indonesia

UGM Mulai Rangkaian PPSMB 2022

Sinergi Kampus-Kampung Kembangkan Wisata

Gandeng UGM, BTN Fasilitasi Klinik Konsultasi Rumah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark