Pemkab Kudus Siap Dampingi Pengembangan Penelitian Pemenang Krenova

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Kudus Siap Dampingi Pengembangan Penelitian Pemenang Krenova (ilustrasi).
Pemkab Kudus Siap Dampingi Pengembangan Penelitian Pemenang Krenova (ilustrasi). | Foto: Rawpixel

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- PemkabKudus, Jawa Tengah, siap memberikan pendampingan terhadap para pemenang lomba kreasi dan inovasi (Krenova) tingkat kabupaten untuk mengembangkan hasil penelitiannya agar lebih berdaya guna.

"Jika hasil temuan para juara lomba Krenova bisa diterapkan secara luas, tentunya sangat bermanfaat untuk masyarakat di Kudus," kata Bupati Kudus Hartopo usai menyaksikan paparan juara lomba Krenova tingkat Kabupaten Kudus di Command Center Dinas Kominfo Kudus, Kamis (11/8/2022).

Apalagi, kata dia, hasil penelitian pelajar maupun mahasiswa maupun masyarakat umum tersebut masih perlu dikembangkan lagi.Misalnya, hasil penelitian pemenang pertama kategori umum yang menciptakan pengering ikan asin dengan nama alat "Smart Inkubator", tentunya perlu ada peningkatan dayanya agar proses pengeringannya berlangsung cepat. "Para peneliti harus terus mengembangkan inovasinya itu sehingga bisa diterapkan masyarakat, terutama pelaku UMKM," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta, para pemenang terus berkoordinasi dengan dinas terkait, agar mendapatkan pendampingan dalam hal studi banding dan penelitian lanjutan. Selain lebih aplikatif, produk penelitian bisa berpotensi menjuarai tingkat provinsi Jateng.

Baca Juga

"Harus koordinasi terus dengan kami, kalau butuh pendampingan langsung beritahu saja. Semoga adek-adek bisa mendapatkan hasil maksimal di tingkat Jateng," imbuhnya.

Pemenang pertama kategori pelajar, Riskia Khanifa dari MAN 1 Kudus menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Kudus. "Kami menyampaikan penelitian tersebut akan diuji coba lebih mendalam. Terima kasih atas masukan dan dukungan pemkab. Masukan ini nanti akan kami jadikan sebagai upaya untuk menjadi lebih baik," ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Bappeda Kudus Revlisianto Subekti menyampaikan peserta tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini peserta lomba Krenova kategori masyarakat umum sejumlah 24 orang dan kategori pelajar sejumlah 112 orang."Partisipasi masyarakat tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu," tuturnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


4 Rekomendasi Penelitian Ilmiah di Lamongan: Sejarah, Filsafat hingga Sosiologi

Penelitian DNA Sebagai Tempat Penyimpanan Data Masa Depan

BRIN Ajak Talenta Muda Ciptakan Komunitas Pegiat Riset-Inovasi

Penelitian Inovatif di Lingkungan tanpa Gravitasi

Judul Topik Pendidikan dalam Penelitian Kualitatif

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark